10 Hal yang Tidak Boleh Anda Katakan Tentang Makanan

92

Berbagai hal yang anda katakan dan pikirkan tentang makanan, baik hal negatif maupun positif dapat mempengaruhi hubungan anda dan makanan anda. Perkataan negatif dapat membuat anda dikendalikan oleh makanan dan membuat pola makan anda kurang sehat. Sementara itu, perkataan positif mungkin dapat membantu anda memperbaiki pola makan anda dan membuat anda merasa lebih berkuasa daripada makanan.

 

1.      Saya Harus atau Tidak Seharusnya Mengkonsumsi X

Perkataan seharusnya atau harus seringkali memicu terjadinya pemberontakan terhadap makanan. Faktanya adalah setiap kali anda berkata saya harus makan ini atau saya seharusnya tidak boleh makan ini, maka justru akan terjadi sebaliknya.

Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah tanyakan pada diri anda apa yang sebenarnya ingin anda makan. Mungkin anda menginginkan sesuatu yang manis atau digoreng, akan tetapi hal ini merupakan suatu pilihan yang lebih baik. Hal ini akan membuat anda lebih menikmatinya dan mengurangi penderitaan anda.

 

2.      Makanan Ini Sehat, Maka Saya Dapat Makan Sebanyak yang Saya Inginkan

Bila anda mengatakan hal ini, maka anda membuat diri anda makan berlebihan. Jangan jadikan sehat atau tidaknya suatu alasan bagi anda untuk memakannya dalam jumlah yang berlebihan. Makanlah hingga anda merasa puas dan kenyang, bukan kekenyangan.

 

3.      Saya Boleh Mengkonsumsi Es Krim

Hampir setiap orang menggunakan makanan sebagai penghargaan sehingga mereka dapat mengkonsumsi makanan tersebut, misalnya saya boleh makan es krim karena hari ini sangat melelahkan atau saat ini sedang libur dan sebagainya. Akan lebih baik bila anda membiarkan diri anda mengkonsumsi makanan tersebut di saat anda menginginkannya. Hal ini akan membuat anda tidak terlalu menginginkan suatu makanan dan menyebabkan anda memakannya dalam jumlah berlebihan.

 

4.      Pola Makan Saya Baik atau Buruk

Jangan menilai suatu makanan sebagai suatu hal yang baik atau buruk. Hal ini akan membuat anda berpikir bahwa anda sedang melakukan tindakan baik atau buruk. Adanya pikiran ini dapat menyebabkan anda merasa bersalah dan malu saat anda mengkonsumsi makanan yang menurut anda buruk atau tidak sehat dan menimbulkan perubahan perilaku yang tidak diinginkan.

Berikanlah kelonggaran pada diri anda sendiri. Katakanlah pada diri anda bahwa setiap orang pasti pernah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sesekali dan mereka pun menikmatinya, maka apa yang anda lakukan tidaklah salah.

 

5.      Diet Saya Sudah Gagal, Mengapa Tidak Makan Lagi

Perkataan ini biasanya muncul saat anda sedang mencoba pola makan baru atau sedang berdiet untuk menurunkan berat badan anda. Hal ini dapat menyebabkan anda makan secara berlebihan. Bila anda mengalami hal ini, katakanlah pada diri anda bahwa apa yang anda makan sebelumnya tidak berhubungan dengan apa yang akan anda makan beriukutnya. Masalah utama saat anda melakukan diet ketat adalah anda tidak dapat melakukannya dalam waktu lama dan pada akhirnya anda akan kembali pada pola makan anda sebelumnya serta berat badan anda pun akan kembali meningkat.

 

6.      Jauhkan Makanan Itu, Saya Pasti Mengkonsumsinya Lebih Dari Satu

Apapun yang ada di dalam pikiran anda akan tetap berada di dalam pikiran anda. Sebaliknya, nikmati saja makanan yang anda makan dan berhentilah saat anda merasa puas.

 

7.      Saya Tidak Punya Waktu Untuk Mengkonsumsi Diet Sehat

Saat seseorang mengatakan bahwa mereka tidak mempunyai waktu untuk mengkonsumsi makanan sehat, maka hal ini berarti bahwa ia tidak mau mengkonsumsi makanan sehat tersebut. Bila anda sering mengalami hal ini, maka pikirkanlah apa yang menurut anda sehat dan buatlah suatu rencana makan yang sesuai dengan gaya hidup dan kesukaan anda.

 

8.      Saya Tidak Lapar Jadi Mengapa Harus Makan

Rasa lapar seharusnya membuat anda ingin makan, akan tetapi beberapa orang mengabaikan rasa lapar mereka dan melewatkan waktu makannya yang mengakibatkan mereka hanya makan saat mereka merasa kelaparan.

Tubuh anda akan bekerja lebih baik bila mendapat cukup nutrisi, oleh karena itu jadikan makan sebagai salah satu prioritas anda.

 

9.      Saya Tidak Menyukai Rasa Makanan Sehat

Jika anda tidak menyukai suatu jenis makanan yang sebenarnya baik bagi kesehatan anda, cobalah untuk memasaknya dengan cara yang berbeda, anda mungkin akan menemukan bahwa makanan tersebut ternyata cukup enak.

 

10.  Saya Bosan

Jika anda sering makan atau mengemil saat anda merasa bosan atau saat anda menonton televisi, maka anda sedang mengembangkan kebiasaan makan di saat tidak lapar. Alihkanlah pikiran dan perhatian anda dari keinginan mengemil atau makan ini dengan menyibukkan diri anda dengan melakukan berbagai kegiatan yang anda sukai.