10 Makanan Penjaga Kesehatan Rambut

123

Anda mungkin tidak dapat langsung melihat efek makanan yang anda makan pada rambut anda, karena biasanya baru terlihat beberapa bulan kemudian setelah anda kekurangan nutrisi akibat suatu penyakit tertentu atau akibat diet ketat.

Nutrisi yang anda konsumsi dapat membantu menutrisi folikel rambut anda dan kulit kepala tempatnya bertumbuh. Tentu saja, terdapat beberapa hal lainnya yang juga mempengaruhi kesehatan rambut anda selain makanan, seperti merokok, ketidakseimbangan hormonal, dan kurang tidur yang juga mempengaruhi bagaimana penampilan rambut anda.

Di bawah ini terdapat beberapa makanan kaya nutrisi yang dapat membuat rambut anda lebih sehat dan indah.

1.  Salmon
Salmon mengandung protein dan vitamin D yang penting bagi kesehatan rambut, serta asam lemak omega 3 yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan rambut. Sekitar 3% batang rambut dibentuk dari asam lemak ini. Selain itu, omega 3 juga diperlukan oleh kulit kepala anda untuk membuat minyak yang berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala anda.

2.  Walnut
Walnut merupakan satu-satunya kacang-kacangan yang memiliki kadar asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Walnut juga mengandung biotin dan vitamin E yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh anda dari kerusakan DNA.
Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, walnut juga mengandung tembaga yang menjaga warna rambut dan kilau alami rambut anda .

3.  Tiram
Tiram mengandung banyak seng, di mana kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok, bulu mata rontok, dan kulit kepala kering serta mengelupas. Walaupun anda dapat memperoleh seng dari berbagai roti gandum dan sereal yang telah diperkaya oleh seng, tiram juga dapat meningkatkan kadar protein tubuh anda (rambut mengandung sekitar 97% protein). Tanpa protein yang cukup, tubuh anda tidak dapat menggantikan rambut yang memang rontok secara alami setiap harinya dan membuat rambut baru yang tumbuh mudah rontok.

4.  Ubi
Ubi mengandung antioksidan, beta karoten, yang akan diubah di dalam tubuh menjadi vitamin A. Setiap sel tubuh anda membutuhkan vitamin A untuk menjalankan fungsinya. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk melindungi kulit kepala dan berperan dalam produksi minyak di kulit kepala. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan timbulnya ketombe pada kulit kepala dan membuat kulit kepala terasa gatal.

5.  Telur
Telur merupakan sumber protein. Selain itu, telur juga mengandung seng, selenium, sulfur, dan zat besi. Zat besi merupakan salah satu elemen penting bagi rambut karena berperan dalam membawa oksigen ke folikel rambut, di mana kekurangan zat besi (anemia) dapat menyebabkan kerontokan rambut hebat, terutama pada wanita.

6.  Bayam
Bayam mengandung zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C yang penting untuk membantu menjaga kesehatan folikel rambut anda dan berperan dalam sirkulasi minyak di kulit kepala.

7.  Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan kacang merah merupakan sumber protein, zat besi, seng, dan biotin yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan rambut anda.

8.  Yogurt
Yogurt rendah lemak mengandung protein, vitamin B5 (asam pantotenat), dan vitamin D yang berperan bagi kesehatan rambut anda.

9.  Blueberi
Blueberi mengandung banyak vitamin C yang penting bagi sirkulasi darah ke kulit kepala dan membantu kerja pembuluh darah kecil (kapiler) yang memperdarahi folikel rambut. Kekurangan vitamin C dapat membantu rambut anda mudah patah.

10.  Daging Unggas
Daging unggas mengandung protein, seng, zat besi, dan vitamin B yang membuat rambut tetap kuat, karena sebagian besar rambut tersusun oleh protein, maka semua makanan yang mengandung protein dapat membantu membuat rambut anda tetap kuat.

Sumber: webmd