10 Makanan yang Bisa Buat Anda Tampak Lebih Muda

315

Tahukah Anda bahwa Anda dapat tampak lebih muda hanya dengan mengkonsumsi makanan yang tepat? Makan dengan benar ternyata tidak hanya dapat menjaga berat badan dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda, tetapi juga dapat menyamarkan kerutan, membuat rambut tampak berkilau, dan menguatkan kuku Anda.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan yang baik bagi kesehatan dan dapat membuat Anda tampak lebih muda dan tetap awet muda.

 

Kopi

Ternyata minum kopi setiap pagi tidak hanya membuat Anda siap beraktivitas, tetapi juga dapat membantu mencegah terajdinya melanoma (sejenis kanker kulit). Menurut sebuah penelitian, semakin banyak kopi yang dikonsumsi oleh seseorang, maka semakin rendah resiko mereka untuk menderita melanoma. Mereka yang mengkonsumsi 4 gelas kopi setiap harinya memiliki resiko melanoma 20% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengkonsumsi kopi.

 

Semangka

Kandungan lycopene yang merupakan suatu antioksidan di dalam semangka dan tomat telah terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan radiasi sinar UV. Hal ini dikarenakan semangka memiliki fitokimia yang setara dengan SPF 3.

 

Buah Delima

Biji buah delima mengandung banyak sekali antioksidan, termasuk vitamin C, yang berfungsi untuk mencegah pembentukan kerut halus, kerutan, dan kulit kering dengan menetralisir efek radikal bebas pada kulit.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi banyak vitamin C dapat menurunkan resiko terjadinya kulit kering dan terbentuknya keriput pada wanita paruh baya.

Selain itu, buah delima juga mengandung antosianin (yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang akan membuat kulit tampak lebih kencang) dan asam ellagik (suatu zat kimia yang berfungsi untuk mengurangi peradangan akibat radiasi sinar UV).

 

Blueberi

Blueberi mengandung vitamin C dan E, dua jenis antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, dan melawan efek radikal bebas.

 

Lobster

Lobster mengandung banyak seng dan zat anti radang yang dapat membantu mengatasi berbagai gangguan kulit, termasuk jerawat. Selain itu, seng juga dapat mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru.

 

 

 

Kale

Sayuran berdaun hijau seperti kale mengandung banyak zat besi dan vitamin K (yang dapat mencegah terbentuknya bekuan darah). Kekurangan zat besi dapat membuat kulit Anda tampak pucat dan pembuluh darah di bawah kulit pun akan terlihat lebih jelas. Untuk mendapatkan manfaat semaksimal mungkin, masaklah sayuran ini, jangan memakannya mentah-mentah.

 

Telur

Karena kuku Anda juga terbuat dari protein, maka kekurangan protein dapat membuat kuku Anda menjadi rapuh dan lembek. Telur merupakan salah satu sumber biotin (salah satu dari vitamin B), yang berfungsi untuk memetabolisme asam amino, yang merupakan protein.

 

Kacang Walnut

Asam lemak omega 3 (zat yang dapat membuat rambut Anda tetap lembab, tidak kering) dan vitamin E (membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak) yang ada di dalam kacang walnut merupakan kunci dari rambut yang kuat dan berkilau. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu mengkonsumsi ΒΌ cup kacang walnut setiap harinya.

Selain itu, kacang walnut juga mengandung tembaga, yang dapat membantu menjaga warna rambut alami dan mencegah pembentukan uban di usia muda.

 

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung banyak asam oleat, yaitu asam lemak omega 9, yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tampak halus, kenyal, dan lembut.

 

Buah Belewah

Buah belewah mengandung beta karoten (vitamin A) yang dipercaya berfungsi untuk mengatur pertumbuhan sel-sel kulit kepala dan kelenjar minyak pada lapisan luar kulit. Hal ini berarti buah belewah dapat membantu mencegah penyumbatan pori-pori kulit dan ketombe.

 

.

 

Sumber: foxnews