10 Makanan yang Bisa Buat Berat Badan Anda Bertambah Drastis

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

229

Bingung mengapa berat badan Anda tidak kunjung turun walaupun Anda sudah berolahraga beberapa kali seminggu dan sudah menghindari berbagai jenis makanan yang telah diketahui dapat meningkatkan berat badan? Hal ini mungkin dikarenakan ada beberapa jenis makanan yang tanpa Anda sadari dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

 

Daging Merah

Bila Anda merupakan penggemar daging merah seperti sapi, domba, dan kambing; maka Anda sebaiknya memperhatikan berapa banyak daging yang sudah Anda konsumsi. Walaupun mengandung banyak protein, akan tetapi daging merah juga dapat dengan mudah meningkatkan berat badan karena mengandung banyak lemak jenuh.

 

Minuman Bersoda

Tahukah Anda bahwa minuman bersoda sebenarnya lebih berbahaya daripada sepotong kue atau biskuit? Hal ini dikarenakan seperti kopi, minuman bersoda juga dapat menyebabkan kecanduan. Jangan mengira bahwa karena Anda hanya mengkonsumsi soda diet yang tidak mengandung gula, maka Anda terbebas dari kalori tambahan. Pemanis buatan di dalam soda diet juga sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

 

Roti Putih

Makanan lain yang juga telah diketahui dapat meningkatkan berat badan Anda dengan cukup pesat adalah roti putih. Namun, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengkonsumsi roti putih. Pastikan saja Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena mengkonsumsi 2 porsi atau lebih roti putih setiap harinya dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

 

Alpukat

Memang benar bahwa alpukat sangat baik bagi kesehatan karena mengandung banyak serat, kalium, dan kolesterol baik. Namun, bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan; Anda justru akan mengalami peningkatan berat badan karena sebutir alpukat mengandung sekitar 300 kalori yang berasal dari lemak tidak jenuh tunggal di dalamnya. Walaupun sehat, lemak ini tetap saja merupakan lemak yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

 

Alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan berat badan Anda. Hal ini dikarenakan tubuh manusia sebenarnya tidak dapat menyimpan alkohol, akibatnya saat ada lemak dan gula yang masuk bersamaan dengan alkohol, maka tubuh akan memetabolisme alkohol terlebih dahulu, akibatnya lemak dan gula yang ada akan “terbengkalai”. Bila hal ini terus berlangsung dalam waktu yang lama, maka hal ini dapat berdampak buruk pada metabolisme tubuh Anda, yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan.

 

Kacang

Kacang memang merupakan salah satu cemilan paling sehat bagi manusia, terutama di kala lapar karena mengandung banyak asam lemak omega 3 dan protein. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kacang juga mengandung banyak kalori. Sekitar 60 gram kacang almond mengandung sekitar 132 kalori. Jadi, bila Anda mengkonsumsi kacang secara berlebihan saat mengemil, maka Anda dapat menambahkan sekitar 300-400 kalori setiap harinya. Oleh karena itu, pastikan Anda menakar jumlah kacang yang Anda konsumsi untuk mencegah Anda makan secara berlebihan.

 

Buah Kering

Mengemil buah segar memang baik, akan tetapi berhati-hatilah saat Anda mengkonsumsi buah kering karena buah ini mengandung banyak gula di dalamnya. Satu porsi buah kering yang terdiri dari 8 buah aprikot, 3 kurma, atau 2 sendok makan cranberi dapat mengandung sekitar 100 kalori.

 

Susu Full Cream

Susu memang baik bagi kesehatan Anda, akan tetapi mengkonsumsi terlalu banyak susu full cream dapat berdampak buruk bagi berat badan Anda. Segelas susu (240 ml) full cream mengandung sekitar 149 kalori dan hampir 5 gram lemak jenuh. Namun, bila Anda sedang berusaha untuk membentuk otot, maka mengkonsumsi susu full cream merupakan pilihan yang tepat karena susu ini mengandung banyak protein.

 

Jus Buah Segar

Mengkonsumsi buah segar berbeda jauh dengan jus buah segar karena buah segar mengandung banyak serat dan fitonutrien yang dapat membantu memperlambat penyerapan gula. Saat Anda mengkonsumsi jus buah segar, maka Anda tidak akan memperoleh serat dan fitonutrien ini. Dengan kata lain Anda hanya mengkonsumsi minuman manis.

 

Granola

Banyak orang mengira bahwa granola merupakan makanan sehat. Akan tetapi, granola siap saji mengandung banyak gula, lemak, dan kalori; apalagi bila Anda juga mengkonsumsi susu bersama dengan granola.