10 Makanan yang Dapat Membuat Anda Merasa Bahagia

110

Jika anda merasa lelah dan tidak bahagia, maka anda mungkin perlu meningkatkan kadar dopamin anda. Salah satu hal yang dapat membantu meningkatkan kadar dopamin anda adalah makanan. Berbagai jenis makanan ini dapat membantu meningkatkan mood anda, memperbaiki kesehatan mental anda, dan meningkatkan rasa bahagia anda.

1. Apel
Quercetin (antioksidan kuat) yang terdapat di dalam apel dapat meningkatkan kesehatan otak anda. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa quercetin dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit neurodegeneratif dan menstimulasi dopamin, yang dapat membuat anda merasa lebih senang dan bersemangat.

Antioksidan kuat lainnya di dalam apel adalah polifenol yang berfungsi untuk melindung sel-sel penghasil dopamin dari kerusakan. Cara terbaik untuk memperoleh berbagai nutrisi di dalam apel adalah mengkonsumsi apel satu kali sehari dengan kulitnya (hati-hati dengan pestisida, belilah apel organik).

2. Kacang Almond
Semua jenis kacang sebenarnya dapat membantu menjaga kadar dopamin anda, akan tetapi kacang almond merupakan yang terbaik. Almond mengandung fenilalanin, suatu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi dopamin. Selain itu, almond juga mengandung banyak serat dan lemak baik yang penting bagi otak dan kesehatan anda secara keseluruhan.
Untuk meningkatkan kadar dopamine anda, konsumsilah almond mentah setiap harinya sebagai salah satu cemilan anda. Almond mentah memiliki kadar natrium yang lebih rendah daripada almond yang telah diproses.

3. Dark Coklat
Coklat mengandung fenilalanin, suatu asam amino yang penting bagi produksi dopamin dalam tubuh anda. Pilihlah dark coklat yang mengandung lebih dari 85% cocoa karena mengandung lebih banyak dopamin.

4. Pisang
Pisang merupakan salah satu sumber tirosin, sejenis asam amino yang dapat membantu mengatur dan menstimulasi produksi dopamin. Hal ini dapat membuat anda merasa lebih senang dan meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan anda. Selain itu, pisang juga baik bagi jantung dan otot anda. Konsumsilah satu butir pisang setiap harinya dan pilihlah pisang yang telah matang, karena semakin matang dan manis pisang tersebut maka semakin tinggi tirosin di dalamnya.

5. Telur
Telur mengandung banyak asam amino, yang dapat memicu produksi dopamin dan menstimulasi metabolisme tubuh anda. Fenilalanin merupakan salah satu dari 9 jenis asam amino yang terdapat di dalam telur yang berperan penting bagi produksi dopamin anda. Selain itu, telur juga mengandung vitamin D.

6. Strawberi
Strawberi mengandung banyak vitamin C yang penting bagi kesehatan otak anda. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi untuk melawan radikal bebas di dalam otak sehingga otak lebih mudah memproduksi dopamin.
Selain itu, strawberi juga mengandung banyak antioksidan fenol seperti antosianin dan ellagitanin yang dapat melindung sel-sel saraf penghasil dopamin dari kerusakan.

7. Salmon
Salmon merupakan sumber asam amino omega 3 yang penting bagi perkembangan dan fungsi otak anda. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk neurotransmiter, termasuk dopamin yang dapat memperbaiki mood anda dan mengurangi gejala depresi.
Selain itu, salmon hanya mengandung sedikit lemak jenuh dan kolesterol. Selain salmon, berbagai jenis ikan lain yang juga baik bagi kesehatan otak anda adalah ikan tuna, halibut, mackerel, trout, dan ikan sarden.
7. Salmon

8. Bit
Bit mengandung betain, suatu jenis asam amino dan antidepresan yang dapat menstimulasi produksi dopamin. Selain itu, bit juga hanya mengandung sedikit kalori dan kaya akan zat besi. Untuk meningkatkan mood anda, konsumsilah jus bit setiap harinya. Bila anda tidak menyukai rasanya, cobalah untuk mengkombinasikannya dengan buah-buahan lain.

9. Semangka
Semangka juga merupakan sumber asam amino tirosin. Tirosin akan diubah menjadi dopamin di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar dopamin di dalam tubuh anda dan meningkatkan mood anda.
Selain itu, semangka juga tidak mengandung lemak dan mengandung banyak vitamin B6 yang dapat digunakan oleh tubuh untuk memproduksi neurotransmiter, termasuk dopamin. Konsumsilah segelas jus semangka segar setiap harinya untuk menjaga kadar dopamin anda.

10. Biji Labu (Kuaci)
Biji labu juga mengandung banyak tirosin yang dapat membantu meningkatkan kadar dopamin. Selain itu, vitamin E yang terdapat di dalamnya juga dapat menstimulasi pembentukan dopamin dan menurunkan resiko kerusakan sel-sel otak akibat paparan radikal bebas.
Biji labu dapat membuat anda lebih waspada dan meningkatkan ketajaman pikiran anda serta menurunkan kadar kolesterol, menurunkan resiko kanker, dan mencegah pembentukkan batu ginjal.

Sumber: top10homeremedies