10 Nutrisi Penting Bagi Setiap Wanita

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

303

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Kebutuhan nutrisi seorang wanita sedikit berbeda dengan pria karena berbagai hal yang terjadi dalam kehidupannya, termasuk menstruasi, kehamilan dan persalinan. Di bawah ini terdapat berbagai nutrisi yang penting bagi seorang wanita.

 

1.      Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anda merasa sangat lelah, sulit tidur, dan sulit berkonsentrasi. Zat besi berfungsi untuk menyimpan dan membawa oksigen ke seluruh tubuh anda.

Seorang wanita akan kehilangan darah setiap bulannya selama masa menstruasi, yang dapat menyebabkan keluarnya zat besi bersamaan dengan darah. Berbagai makanan sumber zat besi adalah daging sapi, brokoli, kacang merah, dan hati.

 

2.      Asam Folat

Asam folat sangat penting bagi wanita usia subur untuk memperoleh kehamilan yang sehat. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kelainan penutupan tulang belakang pada bayi atau cerebral palsy. Anda dapat memperoleh asam folat melalui suplemen, sayuran hijau, alpukat, dan hati.

 

3.      Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anda, termasuk menjaga kekuatan tulang dan gigi anda. Kalsium dibutuhkan seumur hidup anda dan bahkan lebih banyak dibutuhkan seiring dengan semakin bertambahnya usia anda, terutama bila anda berusia sekitar 35 tahun, di mana tubuh anda mulai kehilangan kalsium.

Kalsium juga berperan dalam menjaga berat badan anda dan mengurangi berbagai gejala sindrom premenstruasi. Berbagai makanan sumber kalsium adalah susu, keju, bayam, kacang almond, dan kacang hitam.

 

4.      Vitamin D

Vitamin D sebenarnya dapat dibentuk oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D dapat membantu memperbaiki mood, menjaga kesehatan payudara, dan membantu penyerapan kalsium, yang artinya juga penting bagi kesehatan gigi dan tulang anda.

 

5.      Magnesium

Magnesium merupakan nutrisi penting bagi saraf, otot, dan tulang anda. Magnesium dapat mencegah terjadinya osteoporosis dengan menjaga kekuatan tulang anda dan membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, serta membantu mengendalikan tekanan darah anda. Berbagai makanan sumber magnesium adalah biji labu (kuaci), bayam, kacang hitam, ikan halibut, dan kacang almond.

 

6.      Vitamin E

Vitamin E dapat ditemukan pada berbagai makanan yang mengandung lemak seperti minyak sayur, kacang, dan biji-bijian. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan efek radikal bebas (molekul oksigen yang tidak stabil yang dihasilkan melalui metabolisme normal tubuh dan paparan terhadap sinar UV kuat, polusi udara, dan asap rokok). Vitamin E dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan kulit.

Seorang wanita yang berusia lebih dari 19 tahun membutuhkan setidaknya 15 mg vitamin E setiap harinya.

 

7.      Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan salah satu lemak baik yang penting bagi seorang wanita. Omega 3 dapat membantu menurunkan tekanan darah, radang, dan menurunkan resiko terjadinya berbagai penyakit kronik seperti penyakit jantung dan kanker. Setiap wanita membutuhkan setidaknya 1.1 g omega 3 setiap harinya. Berbagai jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan halibut, ikan herring, dan ikan sarden.

 

8.      Kalium

Kalium memiliki peranan penting dalam proses penghantaran impuls-impuls saraf, kontraksi otot, dan keseimbangan cairan. Selain itu, kalium juga berprean dalam menjaga kekuatan tulang dan proses pembentukan energi di dalam tubuh.

Berbagai jenis makanan yang mengandung kalium adalah berbagai jenis daging sapi, daging ayam, ikan cod, ikan salmon, ikan sarden, yogurt, ubi, bayam, dan brokoli. Berbagai makanan sumber kalium ini dapat menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Seorang wanita yang berusia lebih dari 19 tahun membutuhkan setidaknya 4.700 mg kalium setiap harinya.

 

9.      Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh anda. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh, berperan dalam proses produksi kolagen, menjaga kesehatan kulit, otot, dan berbagai jaringan tubuh lainnya. Setiap wanita yang berusia 19 tahun atau lebih membutuhkan setidaknya 75 mg vitamin C setiap harinya. Berbagai jenis makanan sumber vitamin C adalah paprika merah, jeruk, kiwi, strawberi, dan belewah.

 

10.  Serat

Serat dapat membantu memperlancar buang air besar dan mencegah terjadinya berbagai gangguan usus termasuk divertikula. Wanita yang berusia antara 19-50 tahun membutuhkan 25 g serat setiap harinya, dan wanita yang berusia 51 tahun atau lebih membutuhkan 21 g serat setiap harinya.

Berbagai makanan sumber serat adalah sayuran, buah-buahan, gandum, sereal, dan barley. Makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store