10 Penyebab Nyeri Punggung Bawah

152

Apakah punggung Anda selalu terasa sakit setiap saat? Apakah Anda sulit untuk duduk pada satu tempat dalam waktu yang lama? Apakah Anda merasa nyeri yang intens di punggung bagian bawah? Jika iya maka kemungkinan Anda mengalami nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP). Rasa sakit yang ditimbulkan pada nyeri punggung bawah terkadang dapat ditoleransi terkadang tidak.

 

Berikut adalah 10 penyebab nyeri punggung bawah yang terjadi pada wanita:

1.  Otot tegang
Penyebab paling sering dari nyeri punggung bawah pada wanita adalah otot tegang. Setiap gerakan atau aktifitas yang melibatkan peregangan otot dan ligamen dapat memberi resiko terjadinya nyeri punggung belakang.

2.  Cedera
Cedera pada tulang yang disebabkan oleh kecelakaan, operasi atau trauma lain dapat mempengaruhi punggung bawah Anda. Hal yang sederhana seperti mengangkat objek yang berat denga cara yang salah dapat menyebabkan cedera punggung belakang atau jika punggung Anda terkena benda yang keras, hal tersebut juga dapat menyebabkan nyeri punggung belakang.

3.  Kondisi medis
Kondisi medis seperti arthritis, spondilolistesis, osteoarthritis, aterosklerosis dan spondilitis dapat menyebabkan nyeri punggung bawah.

4.  Tumor
Tumor yang tumbuh dekat area pelvis atau tulang belakang dapat menyebabkan nyeri punggung belakang.

5.  Masalah ovarium
Kista ovarium merupakan masalah yang sering terjadi pada wanita dan dapat menyebabkan nyeri punggung belakang. Sering kali kista ovarium tidak dapat dideteksi karena orang-orang salah membaca gejala yang timbul dan sulit dibedakan dengan nyeri punggung belakang.

6.  Infeksi
Infeksi rahim. Infeksi kandung kemih, usus buntu merupakan contoh penyakit infeksi yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Jika Anda mengalami penyakit yang disebutkan diatas dan diikuti oleh nyeri punggung bawah yang tidak tertahankan segeralah untuk pergi ke dokter atau unit gawat darurat.

7.  Kehamilan
Kehamilan juga merupakan salah satu penyebab nyeri punggung belakang pada wanita. Saat janin tumbuh didalam rahim seorang ibu, si ibu akan mengalami peningkatan berat badan dan akan menitikberatkan tumpuan tubuhnya di punggung. Hasilnya otot dida erah punggung menjadi tegang dan kaku. Hal inilah yang menyebabkan nyeri punggung belakang.

8.  Masalah ginjal
Batu ginjal, infeksi ginjal dan masalah ginjal lainnya dapat menimbulkan gejala nyeri punggung bawah. Selain itu perdarahan pada ginjal juga dapat menjadi penyebab terjadinya nyeri punggung belakang.

9.  Postur tubuh
Postur tubuh yang salah dan pergerakan tubuh yang salah dapat menyebabkan ketegangan pada otot punggung sehingga timbul nyeri.

10.  Stress
Stress, depresi dan gugup juga dapat menyebabkan nyeri punggung belakang. Biasanya nyeri punggung belakang timbul saat orang tersebut mengalami stress atau depresi. Jika hal ini terjadi pada Anda maka segera temui psikiater untuk berkonsultasi mengenai gejala yang Anda rasakan.