10 TAHAP SKINCARE ALA K-BEAUTY YANG BUAT KULIT WAJAHMU BERSINAR

15

Mendunianya budaya Korea juga berdampak pada masyarakat Indonesia. Dari mulai budaya lagu Korea hingga budaya kecantikan Korea. Budaya kecantikan Korea yang popular mulai dari produk make up, gaya riasan hingga produk skincare. Budaya kecantikan Korea yang mendunia mengenalkan 10 tahap skin care rutin. Walau tahapan skin care yang di perkenalkan budaya korea terlihat banyak namun tidak sedikit wanita yang percaya bahwa 10 tahap tersebut baik untuk kulit mereka , tapi apakah benar? Apakah 10 tahap tersebut patut dilakukan setiap hari? Apakah hal tersebut berlaku untuk semua jenis kulit wajah wanita? Yuk simak tulisan berikut untuk mengetahui apa saja 10 tahapan skincare ala budaya kecantikan Korea atau lebih dikenal dengan K-beauty!

10 Tahap skin care ala K-Beauty

  • Cleanser

Wanita korea biasa melakukan teknik double cleansing yaitu membersihkan wajah dengan pembersih sebelum mencuci wajah dengan sabun. Membersihkan wajah diawali dengan mengangkat makeup atau kotoran dengan pembersih atau cleanser yang bentuknya bervariasi. Ada yang berbahan dasar minyak atau cleansing oil, ada juga yang menggunakan tissue basah dengan kandungan pembersih atau cleansing wipes, lalu ada juga yang lebih memilih cleansing cream. Ketiga bentuk produk clensing tersebut mampu mengangkat makeup dan kotoran yang menempel pada wajah setelah aktivitas seharian. Anda tidak perlu menggunakan ketiga bentuk produk clensing, cukup pilih salah satu bentuk produk cleansing yang sesuai dengan kulit Anda.

  • Face Wash

Setelah membersihkan wajah dengan cleansing, Anda dapat melanjutkan menggunakan sabun pembersih wajah Anda. Para wanita Korea lbanyak yang menyukai face wash dengan bahan dasar air yang dianggap tidak hanya membersihkan wajah secara ringan namun juga menjadikan kulit wajah tetap lembap sehingga tidak membuat kulit wajah terasa kering. Pastikan Anda memilih face wash yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

  • Exfoliation

Eksfoliasi merupakan salah satu tahap yang digemari oleh wanita Korea. Eksfoliasi dianggap salah satu tahap yang penting terutama bagi wanita yang sering menggunakan riasan yang cukup berat atau terpapar sinar matahari. Biasanya eksfoliasi maksimal dilakukan seminggu 2x untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit tetap halus dan bersih. Namun pastikan Anda menyesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda, karena eksfoliasi dapat memicu iritasi.

  • Toner

Toner berfungsi mempersiapkan kulit untuk merima produk skincare selanjutnya karena toner dipercaya membantu menyeimbangkan pH kulit sehingga nantinya produk berikutnya yang akan dipakai dapat menyerap lebih baik. Menggunakan toner dapat dengan cara menuangkan toner pada telapak tangan lalu menepuk-nepuknya ke seluruh kulit wajah, atau ada juga yang menggunakan kapas.  

  • Essence

Essence merupakan skincare yang dapat bertekstur cair, gel dan cream.  Menggunakan essence dapat membantu menutrisi dan mempersiapkan kulit untuk menerima skincare berikutnya. Essence memiliki kandungan konsentrat dan formula yang lebih rendah rendah dari serum. Fungsi essence tidak seintensif serum untuk mengatasi permasalahan kulit. Essence sering disebut dengan serum ringan karena memiliki beberapa kandungan bahan aktif yang hampir sama dengan serum, namun lebih rendah konsentrasinya. Fungsi utama essence adalah untuk melembabkan kulit dan memberikan tambahan hidrasi pada kulit sebelum pengaplikasian serum wajah.

  • Serum

Serum memiliki formula yang lebih pekat jika dibandingkan dengan essence. Selain itu, serum biasanya fokus pada tujuan atau permasalahan kulit tertentu sehingga bekerja lebih intensif. Serum memiliki konsentrat dan formula yang lebih tinggi dari essence. Penggunaan serum disarankan setelah pemakaian essence, walaupun juga dapat langsung digunakan setelah toner tanpa essence. Serum tinggi akan kandungan bahan aktif yang bisa diserap kulit dengan sangat baik. Biasanya  serum digunakan dua kali dalam sehari 1-2 tetes setiap penggunaan pada wajah dan leher.

  • Sheet mask

Sheet mask merupakan masker berbentuk lembaran tissue yang berpola seperti wajah. Di Korea wanita maupun pria hampir setiap hari rutin menggunakan sheet mask. Biasanyanya mereka meluangkan waktu setiap 15-20 menit pada pagi ataupun malam hari.  Sheet mask menjadi salah satu rutinitas penting karena memiliki banyak kandungan yang mampu memberi kelembapan ekstra pada kulit. Jika sudah selesai, pijat sisa cairan pada wajah hingga menyerap ke seluruh wajah. Bila Anda ingin mendapatkan efek dingin atau cooling, Anda dapat menyimpan sheet mask Anda di lemari pendingin.

  • Eye cream

Untuk menghindari ‘bermata panda’ wanita Korea rutin menggunakan eye cream. Menggunakan eye cream berfungsi menjaga kelembapan dan membantu mengencangkan area sekita mata Anda. Saat menggunakan eye cream jangan menggosoknya secara berlebihan. Cukup dengan ditepuk-tepuk pelan dengan menggunakan jari.

  • Pelembap

Pelembab adalah kunci utama untuk menjaga kelmbapan kulit. Pastikan Anda menggunakan pelembap yang sesuia dengan jenis kulit dan gunakan tiap pagi dan malam hari pada kulit wajah dan leher Anda.

  • Tabir Surya

Pantang untuk sebagian besar wanita Korea keluar rumah sebelum menggunakan tabir surya. Baik ketika beraktivitas diluar ataupun dalam ruangan. Yang harus diperhatikan dalam memilih tabir surya salah satunya adalah kandungan SPF. Dianjurkan untuk memakai sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau lebih. Selain itu perhatikan broad spectrum yaitu UVA dan UVB. UVA adalah sinar ultraviolet yang menyebabkan aging atau penuaan dan UVB adalah sinar ultraviolet yang meyebabkan burning atau kulit terbakar. Hal lain yang harus diperhatikan adalah apakah tabir surya tersebut tahan air atau tidak.

Apakah 10 tahap tersebut harus dilakukan setiap hari?

Dari penjelasan diatas tentu rangkaian 10 tahap skincare tersebut terlihat banyak dan menyulitkan. Namun tenang, sesungguhnya tidak semua 10 tahap tersebeut harus dilakukan setiap hari. Beberapa tahap seperti exfoliate dan sheet mask boleh dilakukan 2-3 hari sekali, bahkan exfoliate bisa dilakukan seminggu sekali. 10 tahap skin care rutintersebut buakan suatu hal yang harus dilakukan setiap hari. Hal tersebut hanya sebagai acuan dalam menggunakan skincare karena pada dasarnya kebutuhan kulit masing – masing orang berbeda. Selain itu tidak semua orang bisa menerapkan 10 tahap skincare rutin tersebut karena kemampuan menyerap kulit masing-masing orang itu berbeda.

Hal yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan adalah bahwa kesehatan kulit wajah tidah hanya berpengaruh dari skincare yang dipakai dari luar namun juga berpengaruh dari nutrisi yang Anda konsumsi sehari hari. Maka pastikan Anda selalu makan seimbang dan cukup memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda agar perawatan yang Anda lakukan dari luar mendapat hasil maksimal. (LAM)

REFERENSI

  • https://journal.sociolla.com/beauty/10-langkah-skincare-korea/
  • https://www.idntimes.com/life/women/adeka/lagi-tren-ini-10-tahap-penggunaan-skincare-korea-yang-patut-kamu-coba-c1c2
  • Rodan K, Fields K, Majewski G, Falla T. Skincare Bootcamp: The Evolving Role of Skincare. Plast Reconstr Surg Glob Open. 2016;4(12 Suppl Anatomy and Safety in Cosmetic Medicine: Cosmetic Bootcamp):e1152. Published 2016 Dec 14. doi:10.1097/GOX.0000000000001152
  • Del Rosso JQ. The role of skin care as an integral component in the management of acne vulgaris: part 1: the importance of cleanser and moisturizer ingredients, design, and product selection. J Clin Aesthet Dermatol. 2013;6(12):19–27.
  • Neill US. Skin care in the aging female: myths and truths. J Clin Invest. 2012;122(2):473–477. doi:10.1172/JCI61978
  • Mukhopadhyay P. Cleansers and their role in various dermatological disorders. Indian J Dermatol. 2011;56(1):2–6. doi:10.4103/0019-5154.77542
  • Markiewicz E, Idowu OC. Personalized skincare: from molecular basis to clinical and commercial applications. Clin Cosmet Investig Dermatol. 2018;11:161–171. Published 2018 Apr 11. doi:10.2147/CCID.S163799
  • Pérez-Sánchez A, Barrajón-Catalán E, Herranz-López M, Micol V. Nutraceuticals for Skin Care: A Comprehensive Review of Human Clinical Studies. Nutrients. 2018;10(4):403. Published 2018 Mar 24. doi:10.3390/nu10040403