11 Faktor Penyakit Jantung

297

Tips Kesehatan kali ini akan menyampaikan informasi tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung atau jantung koroner adalah pembunuh terbesar di Inggris. Penyakit jantung disebabkan oleh tersumbatnya arteri untuk mensuplai darah ke jantung. Dengan mengetahui faktor penyakit jantung kita dapat melakukan pencegahan sejak dini, faktor yang menyebabkan penyakit jantung diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Darah tinggi
Peningkatan tekanan darah tinggi mudah untuk diketahui dan dapat diatasi dengan diet dan gaya hidup sehat atau minum obat. Tekanan darah tinggi biasanya tidak menunjukan gejala oleh sebab itu diperlukan pemeriksaan secara rutin.

2. Kolestrol
Kolestrol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, ini dikarenakan penumpukan lemak pada arteri yang menyebabkan menyempitnya arteri dan membuat jantung sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Satu-satunya untuk mengetahui tingkat kolestrol adalah dengan memeriksakannya pada dokter ahli.

Jika anda memiliki kolestrol diatas 5mm/L maka anda memiliki tingkat kolestrol tinggi, untuk mendapatkan perubahan diet dan gaya hidup sehat dapat membantu.

3. Menopause
Menopause dapat menyebabkan penumpukan lemak yang menyebabkan kolestrol, hampir setengah wanita diatas 55 tahun mengalami ini.

4. Diabetes
Diabetes dapat mempengaruhi jantung dan dapat memperburuk tekanan darah tinggi. Akan tetapi dengan pengobatan yang tepat atau diet dan melakukan gaya hidup sehat dapat membantu perubahan menjadi lebih baik.

5. Usia dan jenis kelamin
Usia dan jenis kelamin mempunyai andil dalam serangan penyakit jantung, terutama usia dapat memberi perbedaan besar pada kesehatan jantung. Seiring bertambahnya usia resiko serangan jantung dapat meningkat.

6. Berat badan
Berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, dan juga dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolestrol tinggi. Ini disebabkan oleh penumpukan lemak dalam tubuh yang berlebih.

7. Etnis
Etnis juga dapat berpengaruh pada serangan penyakit jantung. Hanya etnisk tertentu yang mempunyai resiko penyakit jantung.

8. Stres
Sebenarnya stres tidak berpengaruh secara langsung terhadap penyait jantung, akan tetapi kebanyak orang khususnya perokok akan merokok ketika mengalami stres, atau juga makan junk food dan minum minuman beralkohol inilah yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

9. Merokok
Merokok sebatang sehari dapat mempengaruhi kesehatan dan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner sebanyak 50% dibanding dengan orang yang tidak merokok sama sekali.

10. Riwayat keluarga
Jika ayah, ibu, atau sanak saudara memiliki penyakit jantung, hal ini dapat menjadi faktor anda terserang penyakit jantung bahkan bisa lebih tinggi. Hal ini dapat terjadi jika sang ayah atau saudara terserang penyakit jantung sebelum usia 55 tahun dan ibu atau saudari sebelum usia 65 tahun.

11. Alkohol
Minum minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko tekana darah tinggi dan menyebabkan irama jantung dan berat badan tidak normal.

Inilah bebrapa faktor yang dapat menyebabkan terserangnya penyakit jantung, diantara faktor-faktor tersebut ada yang dapat dihindari dan juga tidak bisa atau sulit untuk dihindari, untuk itu kita harus sering berolah raga untuk menjaga kesehatan jantung, karena sehat itu mahal.