11 Jenis Rempah-rempah Pengganti Garam…

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

415

Hampir semua jenis makanan pasti mengandung garam. Akan tetapi, karena garam juga dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, maka banyak orang mulai mencoba untuk mengurangi jumlah garam yang dikonsumsinya.

Selain garam, sebenarnya banyak rempah-rempah lain yang juga mengandung sodium, walaupun dalam kadar yang lebih rendah. Oleh karena itu, sebenarnya Anda dapat mengganti garam dengan berbagai jenis rempah-rempah. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis rempah-rempah yang dapat menggantikan garam sebagai penyedap rasa dalam makanan Anda.

 

Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah tertua, yang sering digunakan di Negara India, Sri Lanka, dan Negara Asia lainnya. Kayu manis dapat menjadi pengganti garam yang baik karena juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.

 

Kapulaga

Kapulaga telah banyak dikenal sebagai pengganti garam, terutama bila dikombinasikan dengan jinten dan biji ketumbar.

 

Basil

Daun kemangi atau basil merupakan salah satu jenis rempah yang juga sering digunakan dalam berbagai jenis makanan India. Daun ini memiliki rasa yang tajam dan sedikit manis. Selain telah diketahui sebagai obat-obatan herbal, basil juga banyak digunakan sebagai pengganti garam.

 

Cabai

Cabai merah juga dapat menjadi pengganti garam dan telah banyak digunakan dalam makanan Spanyol, Meksiko, dan India. Cabai akan membuat makanan terasa panas dan pedas, yang dapat menggantikan garam dengan cukup baik.

 

Daun Salam

Daun salam telah diketahui dapat menambahkan rasa pada daging. Daun yang berbau sedap dan terasa manis ini biasanya dikeringkan sebelum digunakan sebagai bumbu penyedap.

 

Bubuk Bawang Putih

Selain dapat membuat makanan terasa lebih nikmat, bubuk bawang putih juga telah dikenal sebagai obat herbal. Bubuk bawang putih dapat digunakan untuk membumbui daging, ikan, dan pasta.

 

Lada Hitam Bubuk

Lada hitam bubuk juga dapat menjadi pengganti garam dan akan memberikan rasa yang cukup kuat dan beraroma.

 

Kecap Asin

Kecap asin sebenarnya juga mengandung garam di dalamnya. Selain itu, kecap asin juga mengandung cukup banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan Anda.

 

Bubuk Bawang Bombay

Bawang Bombay dan bawang merah merupakan sayuran yang telah dikenal memiliki rasa yang kuat dan dapat digunakan untuk menggantikan garam. Akan tetapi, perhatikan jumlahnya bila Anda ingin menggunakannya karena bawang merah memiliki rasa yang cukup kuat.

 

Sari Jeruk Lemon

Sari jeruk lemon telah diketahui sebagai pengawet alami yang dapat digunakan sebagai pengganti garam, yang dapat membuat makanan pedas terasa lebih nikmat.

 

Biji Bunga Matahari

Selain dapat digunakan sebagai pengganti garam, biji bunga matahari juga mengandung banyak nutrisi penting.


Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok