13 Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

108

Banyak hal entahkah itu faktor internal maupun eksternal yang bisa mempengaruhi kesehatan kita. Salah satu faktor yang agar bisa menjaga tubuh kita tetap sehat dan tidak mudah sakit adalah kekebalan tubuh kita.

Di luar sana banyak kita temukan beragam suplemen yang bisa membantu meningkatakan kekebalan tubuh. Di artikel kali ini kita akan membahas bahan-bahan atau makanan di sekitar kita yang manfaatnya justru untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

1.            Elderberrry

Buah yang satu ini memang merupakan salah satu resep tradisional untuk mengatasi flu. Eldeberry (Sambucus nigra) merupakan tanaman yang berasal dari Eropa, Afrika, dan sebagian Asia. Akan tetapi penyebaran elderberry paling banyak di Amerika Serikat. Adapula jenis elderberry yang tumbuh liar di daerah pegunungan Indonesia bernama Sambucus Javanica atau disebut sangitan.

Buah ini banyak mengadung antioksidan dan membantu melawan peradangan. Dalam beberapa penelitian, ekstrak dari buah ini sanggup memblokir virus flu. Namun para ilmuwan masih beranggapan perlunya penelitian atau studi yang lebih lanjut. Jadi masih perlu vaksin flu tahunan.

2.            Jamur kancing

Jamur yang satu ini merupakan salah satu jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Disebut jamur kancing karena bentuknya yang bulat menyerupai kancing. Jenisa jamur ini mengandung selenium, riboflavin, dan niacin. Ternyata mereka yang kekuarangan selenium atau kadar seleniumnya rendah lebih dimungkinkan mengalami flu yang lebih parah. Sedangkan riboflavin dan niacin berperan dalam sistem kekebalan tubuh kita yang sehat.

3.            Acai Berry

Buah acai mengandung beberapa unsur yang disebut anthocyanins dan flavonoids. Warna gelapnya merupakan tanda bahwa tanaman ini banyak mengandung anthocyanins. Anthocyanins dan flavonoids merupakan antioksidan yang tinggi yang bisa membantu pertahanan tubuh melawan tekanan stress sehari-hari. Antioksidan merupakan bagian penting agar kita menempuh hidup sehat terutama untuk melawan radikal bebas.

4.            Tiram atau kerang

Kalau yang satu ini banyak kita temui di warung maupun tenda yang menyediakan seafood. Tiram terkenal bukan hanya kelezatannya tapi juga karena kandungan unsur zinc atau seng di dalamnya. Seng membantu menciptakan dan mengaktifkan sel darah putih. Dan seperti kita ketahui sel darah putih berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan virus dan selain itu juga untuk penyembuhan luka tubuh kita.

5.            Semangka

Buah satu ini paling nikmat dan terasa segar ketika kita makan. Ternyata bukan hanya segar, semangka juga banyak mengadung antioksidan yang disebut sebagai glutathione. Antioksidan ini yang memperkuat kekebalan tubuh kita sehingga dapat melawan infeksi. Nah, sobat kalau mau mendapatkan bagian glutathione yang paling banyak, makanlah dagingnya yang berwarna merah yang berada dekat kulit buah.

6.            Yogurt rendah lemak

Produk ini banyak kita temui baik di supermarket maupun mini mart di sekitar kita. Probiotik, yang ditemukan dalam yogurt dan produk fermentasi lainnya, dapat mengurangi keparahan pilek. Kalau bisa carilah yang ada label “kultur hidup dan aktif.” Selain itu kalau ada tambahan vitamin D lebih bagus. Karena penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tingkat vitamin D yang rendah lebih beresiko terkena pilek atau flu.

7.            Daun bayam

Mereka yang suka nonton film kartun Popeye, tahu begitu makan sayur ini langsung menjadi kuat. Ternyata memang banyak nutrisi dalam “makanan super” ini yang salah satunya adalah folat. Zat ini membantu tubuh kita membuat sel-sel baru dan memperbaiki DNA. Ia juga mengandung serat, antioksidan seperti vitamin C, dan banyak lagi. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal jangan memasaknya terlalu matang, kalau bisa mentah lebih baik.

8.            Teh

Ini merupakan salah satu minuman yang paling umum diminum. Makan di warung, kedai, rumah makan sering banyak tersedia dan sering-seringnya gratis. Selain murah juga teh gampang di dapatkan di sekitar kita. Jadi sobat jangan ragu untuk meminumnya, entah itu teh hijau atau hitam. Ini dikarenakan teh mengandung polifenol dan flavonoid. Ini adalah antioksidan untuk menghancurkan radikal bebas dan melawan penyakit.

9.            Ubi jalar

Ubi salah satu makanan yang umum di negara ini. Kalau yang suka ke puncak, biasanya suka makan ubi cilembu apalagi dimakan hangat-hangat. Bukan hanya nikmat, ubi juga mengandung beta karoten yang bagus untuk kesehatan kita. Beta karoten ketika masuk ke dalam tubuh kita berubah menjadi vitamin A yang mampu meredam radikal bebas yang merusak sehingga meningkatkan sistem kekebalan kita. Selain itu, juga membantu proses peremajaan jadi semacam antiaging.

10.          Brokoli

Sayur yang satu ini banyak mengadung nutrisi untuk melindungi tubuh kita dari kerusakan. Brokoli mengadung vitamin A dan C, dan antioksidan glutathione sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita.

11.          Bawang putih

Rempah atau bumbu satu ini biasanya selalu terdapat di dapur kita. Bukan hanya menyedapakan masakan kita namun juga menyehatkan tubuh kita. Bawang putih mentah dapat membantu mengalahkan infeksi kulit berkat kemampuannya melawan bakteri, virus, dan jamur. Suplemen bawang putih bahkan dapat membantu menurunkan kolesterol

12.          Jus delima

Orang Mesir kuno menggunakan buah ini untuk mengobati infeksi. Berdasarkan penelitian buah ini membantu tubuh kita melawan bakteri dan beberapa jenis virus, termasuk flu.

13.          Jahe

Rempah yang satu ini juga sangat umum bagi kita entah buat makanan ataupun sebagai bumbu masak. Rasa hangat dan pedasnya menggugah selera kita dan juga bisa meredakan mual dan muntah. Selain itu jahe merupakan sumber antioksidan yang baik.

Demikian beberapa makanan disekitar kita yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita terutama karena kandung antioksidan di dalamnya. Antioksidan ini bekerja dengan lebih baik ketika kita mendapatkannya langsung dari buah atau sayur yang kita makan. Namun, tentu penggunaan yang berlebih bisa jadi kontraproduktif. Sebab itu, jika sobat perlu anjuran atau nasihat yang lebih baik bisa berkonsultasi dengan dokter gizi atau dokter sobat yang lebih berkompeten. Tetap sehat, tetap semangat sobat sekalian.

Sumber : www.webmd.com, food.detik.com