3 Bahaya Menggunakan Make-Up Setiap Hari

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

285

Make-up tampaknya telah menjadi peralatan wajib yang harus dimiliki oleh setiap wanita. Memang tidak dapat disangkal bahwa make-up dapat menonjolkan kecantikan serta menutupi kekurangan seseorang. Namun demikian, tanpa disadari make-up dapat membahayakan kesehatan bila digunakan setiap harinya. Berikut bahaya penggunaan makeup setiap hari:

  1. Kerusakan kulit

Kerusakan pada kulit dapat disebabkan karena pori-pori kulit selalu tertutupi oleh bahan makeup sehingga kulit tidak bisa bernafas dengan bebas. Selain itu, makeup memilki kandungan senyawa kimia yang memberi dampak buruk dalam jangka panjang.

  1. Menyebabkan Penuaan dini

Makeup yang anda gunakan pada setiap harinya akan membuat kulit cepat menjadi keriput. Hal ini disebabkan karena makeup akan menutupi kulit di wajah, sehingga kulit tidak bisa mendapatkan udara segar dan bernafas dengan baik. Selain itu elastisitas kulit juga akan berkurang.

  1. Menyebabkan penyakit kronis

Banyak bahan kosmetik mengandung zinc oksida, BHA, dan barium sulfat yang apabila digunakan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gagalnya organ-organ tubuh seperti ginjal dan liver. Kandungan aluminium pada lipstik dapat menyebabkan anemia dan intoleransi glukosa.

Sebenarnya, kunci dari kulit yang sehat adalah tetap menggunakan sunscreen dimana pun Anda berada saat pagi hingga sore hari, menjaga kelembaban kulit, serta memastikan kulit Anda selalu bersih dari kotoran dan make-up. Jadi, jangan lupa membersihkan kulit Anda dengan benar setelah menggunakan make-up seharian ya!  (RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. http://doktersehat.com/bahaya-menggunakan-makeup-setiap-hari/
  2. https://meetdoctor.com/article/10-efek-samping-kosmetik-yang-tidak-anda-sadari#/page/2/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store