3 Jus Pembersih Racun Di Hati, Bikin Segar Dan Membuat Tubuh Makin Sehat

263

Organ hati memiliki fungsi untuk  menyaring racun dari darah Anda, menyimpan bahan bakar untuk tubuh Anda dan menghasilkan empedu, yang membantu sistem pencernaan.Sudah tentu “pekerjaan” hati adalah pekerjaan yang penting sehingga Anda harus menjaga organ hati Anda agar dapat berfungsi dengan baik.

Salah satu cara untuk menjaga fungsi hati adalah dengan meminum jus buah dan sayuran yang baik untuk hati Anda, serta dapat memberikan dukungan nutrisi bagi organ hati, mendorongnya berfungsi lebih efisien dan menghilangkan racun dari tubuh anda.

Manfaat Hidrasi

Semua jus buah dan sayuran terutama terdiri dari air, yang merupakan salah satu minuman terbaik yang tersedia untuk pembilasan dan pembersihan hati. Hati Anda menggunakan air untuk memetabolisme lemak, dan hidrasi yang tidak memadai akan memberi tekanan pada hati Anda. Meskipun tidak ada kebutuhan air yang tepat, para ahli merekomendasikan antara enam dan delapan gelas air 200 ml per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Anda mungkin membutuhkan lebih banyak jika cuaca panas, lembab atau jika Anda terlibat dalam aktivitas berat.

Berikut Adalah 3 Jus Yang Baik Untuk Hati Anda:

1.      Jus Bit Si Antioksidan Alami

Jus bit segar rasanya manis dan mengandung polifenol, antioksidan alami yang membantu mengurangi risiko kematian sel dan kerusakan akibat paparan racun. “Nutrition” menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2007 di mana para ilmuwan menemukan bahwa polifenol dalam buah bit meningkatkan fungsi antioksidan alami hati dan mengurangi efek stres oksidatif pada hati.

2.      Jus Bluberi Si Antioksidan Kuat

Kaya akan antioksidan, jus blueberry meningkatkan fungsi hati Anda dan mengurangi risiko jaringan parut. “PLoS One” menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2013 di mana para ilmuwan menemukan bahwa jus blueberry segar yang diumpankan ke tikus mengurangi tingkat stres oksidatif yang dialami oleh hati, serta mengurangi penumpukan kolagen di organ, yang menyebabkan jaringan parut. Penelitian lebih lanjut tentang efek jus bluberi pada manusia masih diperlukan.

3.      Jus Cranberi Si Pembersih

Jus cranberi memang terkenal akan manfaat untuk ginjal, bukan hanya itu ternyata jus cranberi juga bermanfaat untuk membersihkan hati. Pada tahun 2007, sebuah penelitian hewan yang dipublikasikan dalam “Journal of Medicinal Food” di mana para ilmuwan menemukan tingkat trigliserida hewan lebih rendah saat mereka mengkonsumsi jus cranberi secara teratur. Antioksidan yang ditemukan secara alami dalam jus cranberi juga memberi dukungan fungsi hati tanpa menaikkan kadar kolesterol.

Sumber: healthyeating.sfgate