4 Hal yang Dapat Mengganggu Metabolisme Tubuh Anda

158

Metabolisme tubuh Anda tidak hanya dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan seberapa sering Anda berolahraga. Berbagai aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh Anda, walaupun tampaknya tidak berhubungan dengan berat badan Anda. Di bawah ini terdapat 4 hal yang dapat mengganggu proses metabolisme di dalam tubuh Anda.

  1. Tidak Menyukai Makanan Pedas

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menambahkan bubuk cabai merah pada makan malamnya merasa lebih kenyang dan makan sekitar 30% lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi makanan yang tidak pedas.

Cabai mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara mengatur pelepasan hormon yang mengendalikan nafsu makan seseorang dan meningkatkan kadar hormon stress yang dapat menurunkan nafsu makan seseorang.

  1. Terlalu Banyak Duduk

Terlalu banyak duduk, yaitu duduk selama 3 jam atau lebih setiap harinya berhubungan dengan peningkatan resiko terjadinya sindrom metabolik, yaitu hingga 74% dibandingkan dengan orang lain yang hanya duduk kurang dari 2 jam setiap harinya. Sindrom metabolik merupakan suatu kumpulan gejala yang juga merupakan faktor resiko bagi diabetes dan penyakit jantung, yaitu obesitas, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Hal ini dikarenakan saat Anda duduk, otot Anda tidak perlu bekerja keras, sehingga ia pun membakar lebih sedikit lemak. Selain itu, terlalu lama duduk juga dapat menyebabkan gangguan sensitivitas insulin.

  1. Tidak Mencuci Makanan Mentah Terlebih Dahulu

Pastikan Anda telah mencuci buah yang akan Anda konsumsi. Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan adanya hubungan antara pestisida yang terdapat pada sayur dan buah-buahan dengan terjadinya obesitas dan sindrom metabolik.

Para peneliti pada penelitian ini menemukan bahwa pestisida ini akan disimpan di dalam sel-sel lemak yang akan menyebabkan terjadinya reaksi peradangan dan mempengaruhi pengaturan metabolisme tubuh. Jangan menggunakan sabun untuk mencuci buah atau sayuran mentah tersebut.

  1. Jarang Mencuci Tangan

Para peneliti di Amerika menemukan adanya hubungan antara virus yang sering menyebabkan infeksi saluran pernapasan, adenovirus-36, dengan obesitas karena virus ini mengubah sel punca menjadi sel-sel lemak.

Untuk mengurangi resiko tertular virus ini, maka pastikan Anda selalu mencuci tangan Anda sebelum dan setelah makan, serta setelah menggunakan toilet.

Sumber: menshealth