4 Pola Dasar Dan Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Hidup Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

81

Saat Anda melakukan pola hidup sehat, pastinya Anda tidak menginginkan pola hidup sehat Anda berbelok arah menjadi tidak sehat. Namun, kebanyakan dari kita berpikir bahwa dengan menjaga kebiasaan makan dan aktivitas fisik kita sudah menjalankan pola hidup sehat.. Tapi apakah itu cukup untuk dikatakan sehat?

Berikut 4 kunci pertanyaan atau 4 pola dasar untuk mengukur seberapa sehat pola hidup Anda.

  1. Anda merokok?
  2. Apakah Anda mampu mempertahankan berat badan yang sehat (BMI 18-25), atau apakah Anda berhasil menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan yang sehat atau ideal?
  3. Apakah Anda makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran setiap hari?
  4. Apakah Anda berolahraga 30 menit atau lebih, 5 kali seminggu?

4 pertanyaan ini tentu tidak asing dan tidak boleh asing bagi Anda. Karena  4 pertanyaan ini merupakan dasar Anda melakukan pola hidup sehat. Angka 2 hingga 4 adalah dasar dari program Weight Loss Clinic sehingga cocok untuk program penurunan berat badan atau untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat, sedangkan untuk angka 1 yaitu merokok, semua orang tahu merokok itu buruk bagi kesehatan. Jika Anda bukanlah perokok, maka beruntunglah Anda, namun jika Anda perokok, maka tekunlah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Jangan remehkan pentingnya kehidupan tanpa asap rokok untuk kesehatan serta demi orang-orang di sekitar Anda.

Nah, selain keempat kebiasaan di atas, untuk menjalankan pola hidup yang sehat, ada beberapa faktor harus dipertimbangkan. Apa sajakah faktor tersebut? Berikut daftar perilaku pola hidup sehat selain empat dasar kebiasaan yang berkontribusi pada kesehatan yaitu:

  1. Sikat gigi dan berkumurlah setiap hari untuk menjaga gigi dan gusi Anda agar tetap sehat dan bebas dari penyakit.
  2. Dapatkan istirahat malam yang nyenyak. Orang yang beristirahat dengan baik tidak hanya mengatasi stres dengan lebih baik, tetapi juga dapat mengendalikan selera makan mereka dengan lebih baik.
  3. Nikmati makanan yang dibuat sendiri bersama keluarga. Hal ini memungkinkan Anda menikmati makanan yang lebih sehat dan bergizi. Selain itu, dapat menjalin hubungan yang baik dengan keluarga.
  4. Tersenyum dan tertawalah beberapa kali sehari. Itu akan membuat Anda tetap kuat, dan membantu Anda mengatasi situasi sehingga tidak membuat Anda menjadi stres.
  5. Bermeditasi, berdoa, atau temukan hiburan setidaknya selama 10-20 menit setiap hari.
  6. Dapatkan alat pengukur langkah dan biarkan itu memotivasi Anda untuk berjalan, berjalan, berjalan. Aktivitas fisik dapat membantu meredakan stres, membakar kalori, dan meningkatkan kepercayaan diri
  7. Berdiri tegak. Anda akan terlihat lebih ringan 5 kilogram jika Anda berdiri tegak dan mengencangkan otot perut.
  8. Lakukan yoga. Pose yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan meningkatkan keseimbangan. Ini adalah aktivitas penting bagi orang tua khususnya, dan baik pria maupun wanita.
  9. Tingkatkan protein sebanya 10 – 35% dari kalori. Nutrisi protein ini merupakan bagian penting dari perencanaan makan. Selain itu, protein yang dipadukan dengan makanan berserat tinggi akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  10. Last but not least, memiliki sikap positif. Lakukan yang terbaik untuk melihat kehidupan seolah-olah “gelas itu setengah penuh.” Anda harus percaya pada diri sendiri, memiliki sistem pendukung yang baik, dan berpikir positif (“saya pikir saya bisa, saya pikir saya bisa …”) untuk berhasil.

Semoga 4 pola dasar dan faktor lainnya ini berhasil untuk membuat Anda melakukan pola hidup sehat. (LM)

Referensi

Cold, F., Health, E., Disease, H., Disease, L., Management, P., & Conditions, S. et al. (2018). 4 Steps to a Healthy Lifestyle. Retrieved from https://www.webmd.com/ diet/features/4-steps-healthy-lifestyle#2

5 Benefits of Healthy Habits. (2018). Retrieved from https://www.healthline.com/ health/5-benefits-healthy-habits


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store