5 Cara Menghindari Penyakit Alzheimer

279

Alzheimer merupakan penyakit neurogeneratif yang menyebabkan berkurangnya kemampuan kognitif dengan tanda-tanda seperti penurunan daya ingat jangka pendek, mood yang berubah-ubah, kebingungan dan lain sebagainya. Alzheimer sering diasosiasikan dengan usia tua dan memang biasanya menyerang orang-orang berusia 65 tahun keatas. Tetapi ada beberapa kasus langka alzheimer juga dapat menyerang orang lebih muda. Walaupun saat ini sudah ada pengobatan untuk mengobati alzheimer, tetapi belum ada pengobatan yang diketahui dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit ini. Pencegahan merupakan hal yang terbaik jika membicarakan alzheimer.

 

Berikut adalah beberapa tips kesehatan untuk mencegah penyakit alzheimer:

1.  Melakukan aktivitas yang menstimulasi otak
Sebuah penelitian menunjukkan hubungan erat antara menjaga otak tetap aktif dengan menurunkan resiko terjadinya alzheimer. Aktivitas menstimulasi ota seperti bermain sudoku, puzzle, video games, teka-teki silang dan lain sebagainya dapat menjaga otak Anda tetap tajam dan aktif

2.  Berolahraga secara teratur
The Alzheimer’s Research & Prevention Foundation mengatakan olahraga dengan teratur dapat mengurangi perkembangan alzheimer sampai 50%. Olahraga dapat merangsang fungsi kognitif. Jika Anda tidak berlatih, ini adalah saatnya untuk memulai berlatih 30 menit perhari.

3.  Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan
Antioksidan merupakan nutrisi penting untuk mencegah terjadinya penyakit alzheimer. Nutrisi antioksidan seperti vitamin C,E dan beta karoten diketahui dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit. Makanan seperti susu, kacang, kuning telur, bayam merupakan makanan yang banyak mengandung antioksidan.

4.  Meditasi
Meditasi juga dapat melawan penyakit alzheimer. Meditasi juga dapat memperbaiki aliran darah, termasuk aliran darah ke otak. Terpisah dari itu, meditasi juga dapat memperbaiki fungsi kognitif dan membantu mengatasi stress dan kecemasan.

5.  Tidur cukup
Sebuah studi mengatakan bahwa tidur yang cukup dapat menyehatkan otak. Perbaiki kebiasaan tidur Anda untuk mencegah penyakit Alzheimer dan juga kesehatan Anda secara keseluruhan.