5 Fakta Menarik Tentang Protein

132

Protein tersusun dari berbagai asam amino yang turut berperan dalam perkembangan dan pembentukan otot, jaringan ikat, neurotransmiter, sel-sel darah, dan hormon.

1.  Konsumsilah Protein di Setiap Waktu Makan
Banyak orang menganggap bahwa mereka hanya perlu mengkonsumsi protein dalam satu waktu makan (pagi, siang, atau malam). Akan tetapi, pada kenyataannya anda perlu mengkonsumsi protein secara merata di sepanjang hari anda. Anda hanya mempunyai sedikit cadangan protein di dalam tubuh anda, berbeda dengan karbohidrat dan lemak.

2.  Protein Nabati Juga Bermanfaat
Banyak orang berpikir bahwa protein nabati tidaklah sebaik protein hewani dan tidak dapat mencukupi kebutuhan protein harian anda. Akan tetapi, protein nabati pun sebenarnya mengandung semua jenis asam amino yang diperlukan oleh tubuh anda. Beberapa jenis sumber protein nabati adalah kacang hitam, kacang-kacangan, oat, kacang almond, kacang walnut, dan biji-bijian.

3.  Protein Juga Dapat Menyebabkan Peningkatan Berat Badan, Walaupun Lebih Sulit
Banyak orang mengira bahwa mereka tidak dapat mengkonsumsi terlalu banyak protein, karena seperti halnya karbohidrat, hal ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan. Akan tetapi, proses pencernaan protein di dalam tubuh tidaklah semudah karbohidrat dan lemak. Bila anda memiliki pola hidup yang cukup aktif, maka anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.

4.  Konsumsilah Protein Setelah Berolahraga
Banyak orang berpikir bahwa mereka harus segera mengkonsumsi makanan yang mengandung protein segera setelah berolahraga untuk mencegah tubuh menggunakan cadangan protein di dalam otot. Akan tetapi, sebuah penelitian menemukan bahwa anda masih memiliki waktu sekitar 2 jam untuk mencegah pengambilan protein ini.

5.  Mencukupi Kebutuhan Protein Tidaklah Sulit
Memenuhi kebutuhan protein harian anda tidak sesulit bayangan anda. Terdapat banyak makanan yang mengandung protein yang dapat anda konsumsi, baik protein nabati maupun hewani.

Sumber: details