5 Gejala Dari Tekanan Darah Rendah

291

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupaka jenis kondisi yang sering terjadi terutama diantara mereka yang menjalani diet yang tidak sehat atau mereka yang mengalami kekurangan nutrisi. Kekurangan darah didalam tubuh dan stress juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Setiap kali terjadi denyut jantung, darah akan menekan dinding pembuluh darah dengan tekanan rata-rata yang normal. Tekanan darah yang normal adalah 120/80 mmHG, dan tekanan ini dapat berkurang karena berbagai alasan sehingga menyebabkan hipotensi. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti pusing yang disebabkan kurangnya aliran darah ke organ vital seperti jantung, otak dan ginjal.

Gejala dari tekanan darah rendah dapat diketahui melalui pengukuran tekanan darah. Selain itu penurunan tekanan darah dapat memberikan gejala-gejala khas seperti dibawah ini.
1.  Pusing
Pusing atau kepala terasa melayang merupakan gejala yang paling terjadi saat tekanan darah rendah terjadi. Hal ini terjadi karena aliran darah ke otak tidak mencukupi kebutuhan sehingga kebutuhan otak akan oksigen tidak cukup. Bahkan terkadang tekanan darah rendah dapat menyebabkans seseorang pingsan.

2.  Nafas pendek-pendek dan cepat
Saat tekanan darah tidak mencukupi, aliran darah dapat terhambat oleh otot jantung. Hal ini menyebabkan nafas sesak dan pendek-pendek bahkan terkadang sampai menyebabkan nyeri dada.

3.  Kulit pucat
Saat aliran darah ke bagian permukaan kulit tidak tercukupi, warna kulit akan terlihat pucat. Terkadang gejala disertai rasa dingin di telapak tangan dan kaki, denyut nadi yang lemah.

4.  Denyut jantung tidak teratur
Karena tekanan darah rendah jantung tidak dapat memompa darah dengan baik, kondisi tersebut dapat menyebabkan irama jantung tidak teraturt atau dikenal dengan aritmia.

5.  Nyeri kepala
Tekanan darah rendah dapat menyebabkan nyeri kepala. Nyeri kepala yang disebabkan karena variasi dari tekanan darah disebut orthostatic dan secara umum terjadi ketika ada perubahan tekanan darah secara tiba-tiba. Terkadang kondisi ini dapat menyebabkan muntah.

Tekanan darah rendah walaupun tidak seberbahaya tekanan darah tinggi harus tetap mendapat perhatian secara medis, terutama jika gejala yang dirasakan semakin memburuk. Jika tekanan darah rendah menyebabkan seseorang pingsan, maka yang harus Anda lakukan Adalah membaringkan orang itu di permukaan yang rata dan angkat kakinya lebih tinggi dari tubuh. Saat aliran darah kembali normla, kesadaran orang tersebut akan kembali.

Sumber: magforwomen