5 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Pagi Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

84

1.      Paparan Sinar Matahari Pagi

Berdasarkan sebuah penelitian, paparan sinar matahari ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan. Pada penelitian ini, para peneliti mengamati sekitar 54 orang peserta penelitian yang menggunakan monitor pada pergelangan tangan yang berfungsi untuk merekam seberapa banyak paparan sinar matahari pagi yang mereka alami selama 7 hari.

Selama periode tersebut, para peserta peneliti juga diminta untuk mencatat semua makanan yang mereka konsumsi untuk mengetahui berapa jumlah kalori yang dikonsumsinya. Para peneliti kemudian menemukan bahwa orang yang menerima lebih banyak paparan sinar matahari pagi memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di tempat gelap, dan tidak dipengaruhi oleh usia, aktivitas fisik, atau apa yang mereka makan.

Para peneliti menduga hal ini dikarenakan sinar matahari dapat membantu mengatur “jam” tubuh Anda, yang dapat membantu jadwal tidur Anda, yang juga penting bagi usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, sinar matahari pagi juga mengandung lebih banyak sinar biru, yang memiliki efek paling tinggi pada irama sirkardian (jam tubuh) Anda. Untuk memperoleh manfaat menakjubkan ini, Anda hanya perlu terpapar oleh sinar matahari pagi selama 20-30 menit di antara pukul 8-12 siang.

 

2.      Tidur Cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup juga penting untuk menurunkan berat badan Anda. Menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan lebih jarang ingin mengkonsumsi suatu makanan tertentu dibandingkan dengan orang yang kurang tidur.

Pada sebuah penelitian di Amerika, para peneliti mengamati 10 orang dewasa muda dengan berat badan berlebih yang beresiko untuk mengalami obesitas dan memiliki waktu tidur yang kurang (kurang dari 6.5 jam setiap malamnya).

Pada minggu pertama penelitian, para peserta penelitian tetap kurang tidur. Kemudian pada minggu kedua dan ketiga penelitian, para peneliti meminta para peserta penelitian untuk tidur selama 8.5 jam setiap malamnya.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa para peserta penelitian mengalami penurunan nafsu makan hingga 14% dan penurunan keinginan untuk mengkonsumsi suatu makanan tertentu (makanan manis dan asin) hingga 62%.

 

3.      Ubah Pilihan Transportasi Anda

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang pergi bekerja dengan berjalan kaki, naik sepeda, atau menggunakan alat transportasi umum memiliki indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang mengemudikan kendaraan bermotor untuk pergi ke kantor.

Pada penelitian yang dilakukan di Inggris ini, para peneliti mencatat indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh lebih dari 7.000 orang. Para peserta penelitian kemudian diminta menjawab beberapa pertanyaan seputar bagaimana mereka berangkat kerja dari rumah ke tempat kerjanya.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa para wanita yang menggunakan alat transportasi lainnya selain mobil memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah (0.7 poin lebih rendah) dibandingkan dengan para peserta penelitian lainnya.

 

4.      Sarapan Tinggi Protein

Mengkonsumsi makanan tinggi protein di pagi hari ternyata juga dapat membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Pada sebuah penelitian di Amerika, para peneliti mengamati sekitar 35 orang wanita yang berusia antara 18-55 tahun dan memberikan mereka 3 jenis menu sarapan yang berbeda.

Sarapan jenis pertama adalah hanya segelas air putih, sementara itu dua jenis lainnya adalah makanan yang mengandung sekitar 300 kalori dengan jumlah lemak dan serat yang berimbang, di mana salah satunya mengandung 3 gram protein, sementara yang lainnya mengandung 30-39 gram protein.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa para peserta penelitian yang mengkonsumsi sarapan tinggi protein merasa tidak terlalu lapar dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori (175 kalori lebih sedikit) saat makan siang. Hal ini dikarenakan protein lebih sulit dicerna dan membuat tubuh harus menghasilkan hormon peptida YY di usus yang membantu meningkatkan rasa kenyang.

 

5.      Olahraga

Berdasarkan sebuah penelitian, selain mampu meningkatkan metabolisme tubuh Anda di sepanjang hari, olahraga ternyata juga dapat membantu para wanita agar tidak tergoda terhadap berbagai gambar makanan yang menarik.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati 17 orang peserta penelitian yang memiliki berat badan ideal (indeks massa tubuh normal) dan 18 orang peserta penelitian yang mengalami obesitas. Para peneliti kemudian meminta para peserta penelitian tersebut untuk berjalan cepat selama 45 menit di pagi hari.

 

 

Sumber: womenshealthmag