5 Hal yang Dikatakan Golongan Darah Anda Mengenai Kesehatan

199

Tahukah Anda bahwa golongan darah ternyata tidak hanya mempengaruhi jenis diet yang perlu Anda lakukan, tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan? Jadi, tergantung pada golongan darah Anda, maka Anda mungkin lebih rentan terhadap suatu penyakit tertentu dibandingkan dengan orang lain yang memiliki golongan darah yang berbeda.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa gangguan atau penyakit yang resiko terjadinya dapat berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada golongan darahnya.

 

Gangguan Daya Ingat

Memiliki golongan darah AB dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan fungsi kognitif. Hal ini berarti orang lanjut usia yang bergolongan darah AB memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan daya ingat (kesulitan dalam mempelajari atau mengingat daftar benda) dibandingkan dengan lansia yang memiliki golongan darah lain. Hingga saat ini para ahli masih belum mengetahui apa penyebab hal ini.

 

Kanker Lambung

Kabar buruk lainnya bagi Anda yang bergolongan darah AB, resiko Anda untuk menderita kanker lambung lebih tinggi 26% dibandingkan bila Anda memiliki golongan darah B atau O.

Jika golongan darah Anda adalah A, maka resiko Anda untuk menderita kanker lambung lebih tinggi 20% dibandingkan golongan darah B atau O. Hal ini mungkin dikarenakan oleh infeksi bakteri H. pylori.

Walaupun sekitar 2/3 orang di dunia menderita infeksi H. pylori, akan tetapi para ahli menemukan bahwa daya tahan tubuh orang dengan golongan darah AB dan A bereaksi lebih tinggi pada bakteri ini, yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung.

 

Ulkus Lambung

Bakteri yang sama yang meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung pada orang dengan golongan darah A atau AB juga dapat meningkatkan resiko terjadinya ulkus lambung pada orang yang bergolongan darah O.

 

 

 

Gangguan Jantung

Jika Anda memiliki golongan darah O, maka Anda adalah orang yang cukup beruntung dalam hal gangguan jantung. Orang dengan golongan darah O memiliki resiko lebih rendah untuk menderita gangguan jantung, yaitu 23% lebih rendah dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh the Harvard School of Public Health, para ahli menemukan bahwa orang dengan golongan darah AB dan B memiliki resiko tertinggi terhadap gangguan jantung. Hal ini mungkin dikarenakan orang dengan golongan darah tertentu mengalami proses radang yang lebih tinggi di dalam tubuhnya.

 

Kanker Pankreas

Keuntungan lainnya menjadi orang dengan golongan darah O adalah Anda memiliki resiko lebih rendah (37% lebih rendah) terhadap kanker pankreas dibandingkan dengan orang bergolongan darah lain. Hal ini juga diduga berhubungan dengan infeksi bakteri H. pylori.

 

Walaupun golongan darah Anda tampaknya berhubungan dengan suatu gangguan medis tertentu, akan tetapi pencegahan terpenting adalah dengan melakukan gaya hidup sehat.

 

.

 

Sumber: prevention