5 Hal yang Terjadi Saat Anda Berhenti Menggunakan High Heels…

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

218

Memang benar bahwa menggunakan high heels akan membuat Anda tampak lebih cantik dengan tubuh yang lebih tinggi, akan tetapi di saat yang sama high heels juga akan membuat tubuh Anda, terutama kaki, sangat tersiksa. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang akan terjadi saat Anda berhenti menggunakan high heels.

Kaki Akan Terasa Lebih Nyaman, Tetapi Bukan Berarti Sembuh

Menggunakan high heels dalam jangka waktu lama, dapat memperpendek tendon Achilles, suatu jaringan yang menghubungkan antara otot betis dengan tulang tumit. Dibutuhkan waktu beberapa bulan (tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan high heels) sebelum panjang tendon Achilles kembali normal, yang berarti rasa tidak nyaman pada kaki Anda pun akhirnya mereda.

Nyeri Pinggang Berkurang

Memakai high heels membuat bokong Anda tampak lebih indah? Hal ini dikarenakan tambahan tinggi dari high heels yang Anda gunakan akan membuat panggul Anda bergeser dan menekuk ke belakang. Keadaan ini akan menyebabkan tulang belakang di bagian pinggul Anda tertekan, yang dapat memicu terjadinya nyeri pinggang.

Kaki Terlihat Lebih Baik

Menggunakan high heels dalam waktu lama juga dapat memicu terbentuknya callus dan membuat kuku kaki tumbuh ke dalam. Saat Anda berhenti menggunakan high heels dan beralih ke sepatu atau sandal datar, maka gesekan dan tekanan di antara jari kaki pun akan berkurang sehingga benjolan dan memar yang terbentuk pun akan menyembuh dalam waktu beberapa minggu.

Keseimbangan Membaik

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, menggunakan high heels dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan keseimbangan pada otot-otot di sekeliling pergelangan kaki Anda. Sebaliknya, sepatu atau sandal datar justru dapat membantu menstabilkan dan memperbaiki keseimbangan tubuh anda.

Kaki Anda Mungkin Akan Terlihat Lebih Pendek

Sebaliknya, kaki Anda sebenarnya justru menjadi lebih panjang. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengenakan high heels biasanya akan memiliki otot betis yang lebih pendek. Mengganti high heels Anda dengan sepatu atau sandal datar justru akan membuat otot betis Anda kembali ke panjangnya semula sehingga kaki Anda pun akan terlihat lebih panjang.

 

Tidak rela membuang seluruh koleksi high heels Anda? Jangan khawatir. Anda tetap dapat menggunakan high heels kesayangan Anda sesekali, terutama untuk beberapa acara khusus.