5 Menu Pengganti Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

325

Nasi sudah menjadi makanan pokok sebagian besar bangsa Indonesia selama berabad-abad. Nasi dipilih karena cepat mengenyangkan, sedikit rasa manis, dan cepat menghasilkan tenaga. Bahkan ada slogan “ belum namanya makan bila belum makan nasi”. Meskipun nasi menjadi primadona sumber karbohidrat di Indonesia, tetapi hal ini tidak bisa dinikmati oleh para penderita diabetes mellitus (DM) dengan leluasa. Kadar indeks glikemik (IG) yang terkandung dalam nasi cukup tinggi, yaitu sekitar 88 – 89. Nah, kandungan IG yang tinggi ini ternyata dapat menaikkan kadar gula darah. Oleh karenanya, para penderita diabetes tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengonsumsi nasi.

Untuk memperoleh sumber energi yang aman tanpa meningkatkan kadar gula darah secara drastis, penderita diabetes dapat mengonsumsi beberapa makanan pengganti nasi putih yang memiliki indeks glikemik rendah dan kaya nutrisi antara lain.

  1. Nasi merah

Konsumsi nasi merah lebih baik dibanding nasi putih karena kandungan karbohidratnya yang lebih rendah, dengan kadar IG sebesar 50 nasi merah aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Kentang

Kentang memiliki jumlah karbohidrat yang lebih sedikit daripada nasi putih. Selain itu, umbi batang yang satu ini juga mengandung vitamin B6, B1, B3, B5, C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi yang bagus untuk tubuh karena berkhasiat untuk membentuk sel darah merah sekaligus mencegah anemia.

  1. Gandum/Oat

Gandum dikenal memiliki jumlah karbohidrat yang lebih rendah daripada nasi. Selain itu, gandum juga terkenal akan kandungan lemaknya yang rendah, namun tinggi akan protein dan serat. Nah, salah satu jenis gandum yang populer dikonsumsi adalah oat. Ini dia manfaat oat yang harus Anda ketahui:

  • Mengandung serat larut yang tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolestrol dan mengendalikan berat badan.
  • Mengandung avenanthramide, yaitu antioksidan yang mampu mengurangi kolestrol buruk dan risiko penyakit jantung.
  • Mengandung serat yang berfungsi menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, serat juga mampu mencegah munculnya penyakit kanker.
  • Mengandung beta-glukan yang mampumeningkatkan sistem imun.
  1. Jagung

Di beberapa wilayah Indonesia, seperti Sulawesi dan Nusa Tenggara, jagung lebih umum dikonsumsi sebagai makanan pokok dibanding nasi. Tidak heran, sebab selain rendah kalori, jagung juga mengandung berbagai  jenis vitamin B, seperti  B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Selain itu, jagung juga memiliki IG yang lebih rendah dibanding nasi putih, yaitu hanya sebesar 56.

  1. Ubi

Ubi mengandung karbohidrat sebanyak 20,1 gram/100 gram sajiannya. Selain itu, kandungan  vitamin A, B1,B5, B6, mangan, magnesium, fosfor, dan kalium di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  • Kartini S, 2009. Penatalaksanaan Gizi Terpadu Diabetes Mellitus.
  • Almatsier S. 2005. Penuntun Diet. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store