5 Minuman yang Sebaiknya Jangan Dikonsumsi Sebelum Olahraga

221

Ingin meningkatkan performa Anda saat berolahraga? Jika ya, maka pastikan Anda menghindari berbagai jenis minuman di bawah ini. Hal ini dikarenakan minuman ini merupakan minuman terburuk untuk diminum sebelum berolahraga.

Alkohol

Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol sebelum berolahraga, bahkan dalam jumlah yang sedikit sekalipun. Hal ini dikarenakan alkohol akan membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi dan akan mengganggu keseimbangan tubuh Anda.

Selain itu, alkohol juga dapat mengganggu kemampuan Anda membuat keputusan dan meningkatkan proses radang di dalam tubuh. Hal ini berarti resiko Anda untuk mengalami cedera pun akan menjadi lebih tinggi.

Minuman Energi yang Mengandung Susu

Jika Anda ingin mengkonsumsi minuman yang mengandung susu, tunggulah hingga Anda selesai berolahraga. Hal ini dikarenakan susu mengandung banyak protein, karbohidrat, dan lemak; yang membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Selain itu, susu juga dapat membuat perut Anda kembung dan akan membuat Anda ingin buang gas.

Jus Buah/Minuman Buah

Sebagian besar minuman buah atau jus buah alami sekalipun mengandung banyak sekali gula. Bila Anda ingin mengkonsumsi berbagai jenis minuman tersebut, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman ini setelah Anda selesai berolahraga.

Minuman Bersoda

Berbagai jenis minuman bersoda dapat menyebabkan nyeri perut, perut kembung, dan sering buang gas. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung banyak natrium, yang akan memicu terjadinya dehidrasi, termasuk soda diet. Berbagai jenis pemanis buatan yang terdapat di dalam soda diet, terutama aspartam, dapat memicu terjadinya gangguan daya ingat, perubahan mood, pusing, dan migrain.

Minuman Energi

Sebagian besar minuman bersoda justru tidak bermanfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi minuman bersoda sebelum berolahraga justru akan membuat Anda mengalami peningkatan dan penurunan kadar gula darah dengan sangat cepat.

Selain itu, minuman ini juga dapat mengganggu keseimbangan kadar hormonal di dalam tubuh Anda dan memperpanjang waktu penyembuhan paska olahraga.

Intinya adalah minuman terbaik yang sebaiknya dikonsumsi sebelum berolahraga adalah air putih. Para ahli menganjurkan agar anda mengkonsumsi sekitar 600 ml air putih sekitar 2 jam sebelum berolahraga, 240 ml saat pemanasan, dan 240 ml lagi setiap 10-20 menit, tergantung pada seberapa berat olahraga yang Anda lakukan.

.

Sumber: fitstylelife