5 Olahraga Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung Anda

286

Anda tidak perlu menjadi seorang atlit untuk memiliki jantung yang sehat. Berolahraga dengan intensitas sedang secara teratur dapat menurunkan resiko terjadinya gangguan jantung dan berbagai penyakit kronik lainnya dengan cukup signifikan, juga dapat membantu meningkatkan stamina, kekuatan, dan fleksibilitas.

Apapun aktivitas fisik yang Anda lakukan selalu memberikan dampak positif pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Akan tetapi, berapa lama Anda harus berolahraga untuk menjaga kesehatan jantung Anda?

Para ahli menganjurkan Anda untuk melakukan berbagai jenis aktivitas fisik seperti aerobik dengan intensitas sedang selama setidaknya 150 menit atau 75 menit setiap minggunya. Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga dalam 1 hari, jadi tidak harus melakukan olahraga yang sama pada waktu yang bersamaan. Kuncinya adalah Anda berolahraga secara teratur.

Olahraga yang baik bagi kesehatan jantung adalah olahraga yang menyebabkan peningkatan laju pernapasan dan denyut jantung Anda, yang membuat jantung harus bekerja lebih keras sehingga jantung pun menjadi lebih kuat. Di bawah ini terdapat 5 jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

 

1.      Berjalan Cepat

Tubuh manusia diciptakan untuk berjalan, jadi baik Anda berpergian dengan berjalan kaki atau berjalan kaki di atas treadmill, maka hal ini pun terhitung sebagai olahraga. Gunakanlah sepatu yang nyaman dan suportif sebelum berolahraga. Usahakanlah untuk berjalan cepat setiap kali Anda berjalan sehingga Anda pun dapat melakukan olahraga dengan intensitas sedang setiap kali Anda berjalan.

 

2.      Berlari

Selain berjalan kaki atau berjalan cepat, tubuh manusia juga diciptakan untuk dapat berlari. Berlari juga merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk membakar kelebihan kalori Anda. Seseorang dengan berat badan 75 kg dapat membakar 100 kalori per 1.6 km saat berlari.

Bila Anda baru saja mulai melakukan olahraga lari, maka mulailah dengan berjalan cepat selama 5 menit kemudian lanjutkan dengan berlari selama 1-2 menit. Seiring dengan peningkatan stamina tubuh Anda, maka Anda pun dapat meningkatkan jumlah waktu yang Anda gunakan untuk berlari hingga nantinya Anda bahkan tidak perlu berjalan lagi.

 

3.      Berenang

Berenang ternyata juga dapat membantu “melatih” otot jantung Anda yaitu dengan cara meningkatkan kekuatan dan tonus otot. Berenang merupakan pilihan olahraga yang aman bila Anda memiliki gangguan pada daerah persendian yang terasa nyeri saat berjalan atau berlari.

 

4.      Bersepeda

Aktivitas fisik lainnya yang baik bagi jantung dan persendian selain berenang adalah bersepeda. Gunakanlah sepeda untuk berpergian bila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Pergi ke pasar atau ke kantor dengan menggunakan sepeda juga dapat melatih otot kaki dan otot perut Anda.

 

5.      Olahraga Campuran

Jika hanya melakukan 1 jenis olahraga membuat Anda merasa bosan, maka lakukanlah berbagai jenis olahraga, misalnya setiap 3 menit berjalan kaki atau berjalan cepat berlarilah selama 1 menit atau melakukan olahraga angkat beban selama 1 menit. Intinya adalah pastikan Anda melakukan berbagai jenis olahraga tersebut secara bergantian tanpa berisitirahat sehingga denyut jantung Anda tetap tinggi. Melakukan berbagai jenis olahraga pada saat yang bersamaan tidak hanya dapat membantu mengusir rasa bosan Anda, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan stamina, dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

Sumber: sheknows