5 Olahraga Yang Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

243

Olahraga menjadi salah satu elemen hidup sehat karena manfaatnya yang begitu banyak, di antaranya untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh, mengurangi stress, dan menurunkan berat badan berlebihan. Akan tetapi, tentu saja manfaat-manfaat tadi hanya bisa didapatkan bila Anda berolahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit sehari.

Nah, hari ini kita akan membahas tentang menurunkan berat badan melalui olahraga. Olahraga membakar kalori dari glukosa dan lemak di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Akan tetapi, olahraga seperti apa yang paling ampuh sekaligus low impact (rendah resiko cedera) dalam menurunkan berat badan akan kami bahas berikut ini.

  1. Jogging / lari

Tidak perlu peralatan yang rumit, kamu cukup membutuhkan sepatu lari. Selain itu olahraga ini juga tidak perlu membutuhkan teknik khusus. Berlari dalam satu jam bisa membakar 1074 kalori.

  1. Taekwondo

Taekwondo dapat membakar 937 kalori jika dilakukan dalam satu jam. Menurut Chris Ryan, taekwondo membutuhkan kecepatan, konsentrasi, ketepatan reaksi, dan juga pengendalian napas yang baik sehingga bisa membantu pembakaran kalori.

  1. Lompat tali

Chris Ryan, seorang pakar kebugaran, mengatakan lompat tali selama beberapa menit dalam sehari secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Pakar nutrisi Roger Adams juga mengatakan bahwa lompat tali yang diselingi dengan olahraga lain seperti lari di tempat bisa memberi dampak positif bagi kesehatan. Lompat tali dapat membakar 1074 kalori dalam satu jam (menurut doktersehat.com.)

  1. Bersepeda

Bersepeda dapat membakar kalori hingga 1000 kalori tubuh dalam satu jam (menurut allwomenstalk). Untuk seorang perempuan dengan berat badan 72 kg, ia dapat membakar kalori sekitar 850 kalori.

  1. Berenang

Olahraga ini cocok buat kamu yang tak ingin berkeringat tapi tetap sehat. Berenang dalam satu jam dapat membakar 700-800 kalori jika dilakukan secara teratur.

Setiap aktivitas olahraga di atas perlu disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan, dan riwayat penyakit. Bila Anda memiliki keterbatasan dalam melakukan olahraga di atas sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar kesehatan. Salah satu caranya adalah melalui aplikasi PAKDOK di mana Anda bebas berkonsultasi 24 jam seputar masalah kesehatan. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA :

Suryanto. 2011. Peranan Olahraga Dalam Mengurangi Stres. WUNY Majalah Ilmiah Populer http://www.fitnessformen.co.id/article/2/2016/2443-10-Olahraga-Pembakar-Kalori-TerbaiK


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store