5 Penyebab Batuk Kering

276

Batuk adalah salah satu jenis penyakit yang aling sering terjadi, jadi kenapa harus panik? Jika Anda berpikir demikian maka Anda salah. Batuk kering dapat merupakan tanda awal terjadinya penyakit serius. Jadi jika Anda mengalami batu kering yang terus menerus selama dua minggu atau lebih dan tidak bereaksi terhadap pengobatan apapun, segera konsultasikan ke dokter Anda.

Berikut adalah lima kemungkinan penyakit yang menyebabkan timbulnya batuk kering.
1.  Infeksi pernafasan
Infeksi pernafasan dapat memicu timbulnya batuk kering, terutama jika infeksi berlangsung di saluran nafas bagian atas yaitu hidung, sinus, laring dan faring mengalami inflamasi karena bakteri atau virus, juga dapat menimbulkan influensa. Gejala-gejalanya berupa batuk kering, demam, infeksi telinga dan lain sebagainya. Gejala mencakup batuk terus menerus kurang lebih dua minggu. Jika lebih dari itu segera hubungi dokter Anda.

2.  Reaksi alergi
Batuk kering dapat disebabkan oleh reaksi alergi. Gejala batuk kering dapat diikuti tenggorokan gatal, kemerahan dan iritasi di mata, maka hal tersebut merupakan tanda dari alergi. Cobalah cari penyebab dari alergi Anda dan hindarilah. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu apakah batuk Anda disebabkan oleh alergi melalui tes alergi.

3.  Efek samping obat-obatan
Batuk kering dapat disebabkan karena efek samping berbagai macam obat. Obat tekanan darah tinggi yang disebut angiotensing-converting enzym (ACE) inhibitor dapat memicu timbulnya batuk kering. Jika Anda pikir obat menjadi penyebab batuk kering Anda, maka segera hubungi dokter untuk mengganti obat Anda.

4.  Refluk asam lambung
Refluk asam merupakan penyebab lain dari batuk kering. Secara umum, makan berat atau makan pedas di malam hari dapat menyebabkan masalah pada tingkat keasaman lambung dan asam lambung meningkat ke esofagus sehingga dapat mengiritasi tenggorokan dan menimbulkan batuk kering. Secara umum gejala ulu hati terbakar sering diikuti batuk.

5.  Penyakit serius lainnya
Batuk kering juga dapat menjadi tanda penyakit lain seperti kanker, emphysema, gagal jantung, pneumonia dan lainnya.

Sumber: magforwomen