5 Perbedaan Antara Kopi dan Teh

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

256

Selama ini semua orang dari berbagai Negara di seluruh dunia telah menikmati teh maupun kopi baik dalam tujuan kesehatan , minuman santai, yang mempunyai cita rasa yang unik. Di Indonesia sangat mudah kita temukan teh ataupun kopi, dan sekarang sudah ada teh dan kopi dalam kemasan yang siap minum. Kedua minuman ini memang sangat populer dan memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Sementara ada orang yang tak bisa melewati pagi tanpa kopi, ada juga orang yang tak bisa bertahan sehari tanpa menyeduh teh.

Sementara kedua minuman ini sama-sama bisa membuat bertenaga, namun keduanya memiliki perbedaan antara satu sama lain. Berikut adalah perbedaan antara teh dan kopi yang menarik untuk diketahui:

1.  Level kafein
Teh dan kafein sama-sama mempunyai kandungan kafein didalamnya, tetapi kopi memiliki level kafein yang lebih tinggi dibandingkan teh. Kandungan kafein didalam secangkir teh sebesar 55mg, sementara secangkir kopi memiliki kandungan kafein sebesar 125-128mg. kandungan kafein didalam teh dapat membantu meningkatkan konsentrasi, sementara kafein didalam kopi dalam membuat kita tegang atau dikenal sebagai “coffee jitters”

2.  Pencegahan kanker
Studi mengungkapkan bahwa teh mengandung sejumlah quercetin yang membantu tubuh mencegah terjadinya kanker dan gangguan jantung dan pembuluh darah. Sayangnya kopi tidak mempunyai khasiat yang sama. Penelitia juga mengatakan tingkat kejadian kanker pada orang Asia lebih rendah dibandingkan orang Amerika karena orang Asia lebih banyak meminum teh.

3.  Meredakan nyeri
Teh mengandung beberapa zat yang dapat meredakan nyeri karena gangguan inflamasi dan arthritis. Teh juga dapat mengurangi terjadinya endapan darah. Sementara kopi mempunyai kemampuan meringankan gejala asma dan parkinson.

4.  Efek antioksidan
Baik teh dan kopi memiliki zat antioksidan yang bisa membantu kebugaran tubuh. Teh memiliki zat antioksidan yang melindungi tubuh dari stres dan menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Sementara kopi mengandung antioksidan yang bisa menjaga tingkat gula darah dan mencegah batu ginjal.

5.  Daerah asal
Satu lagi perbedaan teh dan kopi adalah daerah asalnya. Teh pada awalnya diproduksi di Cina dan India, sedangkan kopi berasal dari Ethiopia dan sebagian daerah Afrika


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store