5 tips untuk kulit sehat

3

Perawatan kulit yang baik dapat membuat kulit Anda sehat dan bercahaya. Tidak punya waktu untuk perawatan kulit intensif? Perawatan kulit yang baik dan pilihan gaya hidup sehat dapat membantu menunda penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit. Mulailah dengan 5 tips ini.

1. Lindungi diri Anda dari sinar matahari

Salah satu cara terpenting untuk merawat kulit Anda adalah melindunginya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan dan masalah kulit lainnya – serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF setidaknya 15. Gunakan tabir surya dan aplikasikan kembali setiap dua jam – atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat. Hindari sinar matahari antara pukul 10 pagi dan 4 sore, saat sinar matahari paling kuat.

2. Jangan merokok

Merokok membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan berkontribusi terhadap kerutan. Merokok mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit terluar, yang mengurangi aliran darah dan membuat kulit lebih pucat. Ini juga menghabiskan oksigen dan nutrisi kulit yang penting bagi kesehatan kulit. Merokok juga merusak kolagen dan elastin – serat yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit Anda. Selain itu, merokok meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa.

3. Perlakukan kulit Anda dengan lembut

Batasi waktu mandi atau mandi Anda, dan gunakan air hangat – bukan air panas. Sabun dan deterjen yang kuat dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda. Sebaiknya, pilihlah pembersih ringan. Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan pelembab yang mengandung SPF.

4. Makan makanan yang sehat

Makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan minyak ikan atau suplemen minyak ikan dan rendah lemak serta karbohidrat dapat meningkatkan kulit tampak lebih muda. Minum banyak air membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

5. Kelola stres

Stres yang tidak terkendali dapat membuat kulit Anda lebih sensitif dan memicu timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk mendorong kulit yang sehat – dan kondisi pikiran yang sehat – ambil langkah-langkah untuk mengelola stres Anda. Dapatkan tidur yang cukup, kurangi daftar pekerjaan Anda dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Permasalahan kulit yang terjadi pada setiap orang memang berbeda-beda tergantung kondisi genetik dan lingkungan dari orang tersebut. Dengan melakukan 5 hal di atas, Anda sudah berupaya untuk memberikan lingkungan yang optimal agar kulit Anda tetap sehat. Akan tetapi, bila Anda merasa tetap memiliki masalah pada kulit Anda, jangan ragu untuk melakukan konsultasi kepada PakDok untuk mengetahui perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit Anda. (LM/STE)

Referensi

5 tips for healthy, glowing skin. (2019). Retrieved from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237