5 Tips Untuk Menghentikan Batuk di Malam Hari

294

Apakah Anda menyadari bahwa frekuensi batuk Anda akan meningkat saat Anda berbaring untuk tidur? Mengapa hal ini terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Batuk yang mengganggu tidur Anda dapat terjadi saat Anda menderita flu atau pilek berat, akibatnya Anda pun sulit tidur nyenyak di malam hari.

Batuk sendiri sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan tubuh, yang berfungsi untuk memastikan proses pernapasan berjalan dengan baik dan saluran napas tidak mengalami penyumbatan apapun.
Sebenarnya ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya batuk. Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda memeriksakan diri ke seorang dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari batuk yang Anda alami.

Mengapa Frekuensi Batuk Meningkat di Malam Hari?
Hal ini dikarenakan saat Anda berbaring untuk tidur di malam hari, maka lendir pun akan menumpuk di sepanjang saluran pernapasan Anda. Akibatnya, tubuh akan membuat Anda batuk untuk menyingkirkan lendir tersebut dari saluran pernapasan Anda.
Selain itu, saat Anda berada pada posisi terlentang atau tengkurap, kapasitas paru pun akan berkurang, yang juga akan mengaktivasi refleks batuk untuk mengeluarkan lendir dari dalam saluran pernapasan Anda.
Di bawah ini Anda dapat melihat 5 tips sederhana yang dapat membantu mengurangi frekuensi batuk Anda di malam hari sehingga Anda pun dapat tidur dengan lebih nyenyak.

Baca juga: 7 Jenis Batuk dan Penyebabnya
1.      Minum Banyak Air Putih
Air putih dapat membantu menghidrasi tenggorokan Anda dan mengencerkan lendir di dalam saluran pernapasan Anda. Dengan demikian, frekuensi batuk Anda pun akan berkurang.

2.      Konsumsi Madu
Konsumsilah 1 atau 2 sendok teh madu sebelum tidur. Madu merupakan salah satu zat yang dapat membantu merelaksasi otot tenggorokan.

3.      Jaga Kelembaban Udara
Seringkali, batuk semakin memburuk karena udara di dalam ruangan kamar tidur Anda terlalu kering. Oleh karena itu, gunakanlah humidifier di dalam kamar tidur Anda sehingga kelembaban di dalam kamar tidur Anda pun tetap stabil, usahakan agar tidak kurang dari 50%.

4.      Tidur Dengan Posisi Miring ke Kanan
Saat tidur, jangan berbaring dengan posisi terlentang atau tengkurap. Posisi terbaik adalah miring pada salah satu sisi.

5.      Gunakan Lebih dari 1 Bantal
Mungkin akan terasa tidak nyaman, akan tetapi bila Anda ingin tidur nyenyak tanpa terbangun karena batuk di tengah malam, gunakanlah lebih dari 1 bantal kepala. Dengan memposisikan kepala lebih tinggi akan membuat saluran pernapasan lebih terbuka.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store