6 Cara Mengatasi Stress

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

227

1.      Hirup Napas Dalam-dalam

Menghirup napas dalam-dalam dapat membantu anda menurunkan kadar hormon stress, menurunkan denyut jantung, dan menurunkan tekanan darah anda. Beberapa langkah yang dapat anda lakukan adalah:

  • Duduk dengan satu tangan diletakkan pada perut dan tangan lainnya pada dada
  • Tariklah napas dengan perlahan dan dalam melalui hidung anda sampai paru-paru anda terasa penuh
  • Tahanlah napas anda selama beberapa detik
  • Hembuskan napas secara perlahan melalui mulut anda
  • Ulangi hal ini beberapa kali

 

2.      Meditasi

Meditasi dapat membantu tubuh dan pikiran terasa lebih santai dan tenang. Duduklah dengan tenang dan nyaman setiap harinya, kemudian mulai fokuskanlah pikiran anda pada napas anda, sebuah benda atau bahkan sebuah kata. Bila sebuah pikiran atau hal lainnya mengganggu konsentrasi anda, segera singkirkan hal tersebut dan kembali fokus pada napas anda.

 

3.      Olahraga

Berolahraga selama 20 menit setiap harinya dapat membantu menenangkan pikiran anda dan menurunkan hormon stress di dalam tubuh anda. Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga seperti berjalan, bersepeda, dan berenang.

Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan kadar endorfin, suatu bahan kimia di dalam otak yang dapat memperbaiki mood anda. Bahkan berolahraga ringan dapat membuat anda merasa lebih santai.

 

4.      Diet Sehat

Berbagai jenis makanan kaya vitamin C seperi jeruk dan jeruk bali dapat menurunkan kadar hormon stress di dalam tubuh anda. Makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon dan kacang-kacangan dapat membuat anda merasa lebih santai dan tenang.

Selain itu, diet sehat dan seimbang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda dan dengan demikian membuat anda dapat menangani stress dengan lebih baik. Perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Dark coklat juga dapat menurunkan kadar hormon stress.

 

5.      Berpikir Positif

Berpikir negatif dan terus mengkritik diri anda dapat membuat anda merasa semakin stress. Berpikir positif tentang diri anda dapat membuat anda merasa lebih tenang.

 

6.      Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup di malam hari dapat membantu anda melawan stress di esok hari. Tidurlah selama minimal 7 jam setiap harinya. Jika anda mengalami kesulitan tidur, di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat membantu anda, yaitu:

  • Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan juga pada waktu libur
  • Hindari mengkonsumi kafein setelah pukul 15.00 dan jangan mengkonsumsi alkohol berdekatan dengan waktu tidur
  • Jika anda ingin tidur siang, lakukanlah jauh sebelum waktu tidur anda di malam hari
  • Berolahraga secara teratur

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store