6 Cara Menghilangkan Ketombe

152

Ketombe memang sangat mengganggu dan memalukan! Ketombe membuat kita sering menyapu bahu kita, menggaruk kepala saat tidak ada orang yang melihat dan harus sering-sering mencuci rambut. Ya ketombe memang sering sekali terjadi, bahkan saat kita sudah menggunakan produk shampo, kondisioner dan tonik untuk mengusir ketombe tetap saja ketombe muncul. Ketombe bisa disebabkan kerena kulit kepala yang berminyak, kulit kering, stress, kebiasaan yang tidak bersih, polusi dan perubahan cuaca. Memang sangat sulit untuk menemukan pengobatan yang efektif untuk ketombe, bahkan kadang Anda merasa kesulitan untuk melakukan perawatan rambut ditengah-tengah kesibukan Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghilangkan ketombe.

1.  Diet seimbang
Diet kita memainkan peranan penting untuk kesehatan rambut dan kulit. Ketika kita melakukan diet yang tidak seimbang, akan menyebabkan perkembangan ketombe. Biasanya mereka yang mengalami masalah ketombe mengkonsumsi makanan yang berminyak, berlemak dan asin. Semua jenis makanan itu dapat menyebabkan munculnya ketombe. Untuk menyingkirkan ketombe Anda harus menjalankan diet kaya buah dan sayur, dan jangan lupa hindari junk food.

2.  Sisir, minyal dan cuci rambut Anda
Sisirlah rambut Anda secara teratur. Dengan menyisir rambut dengan teratur akan menghilangkan sel kulit yang mati. Untuk efek yang lebih baik, campurkan minyak kelapa dengan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala Anda. Dengan mengaplikasikan minyak ke kulit kepala akan menurunkan tingkat stress di tubuh Anda dan akan mengurangi munculnya ketombe. Cucilah rambut Anda dengan shampo yang baik untuk menjaga rambut tetap sehat dan bersih.

3.  Olahraga teratur
Dengan berolahraga secara teratur maka imunitas tubuh Anda akan semakin meningkat. Ketika tubuh Anda semakin kuat maka perkembangan ketombe juga semakin berhenti. Selain itu olahraga juga dapat mengurangi stress.

4.  Tidur cukup
Ini adalah penyebab utama terjadinya ketombe. Ketika kita tidak mendapat istirahat yang cukup maka tubuh akan merasa stress. Dan seperti yang Anda ketahui stress yang Anda hadapi itu memungkinkan munculnya ketombe.

5.  Jangan warnai rambut Anda
Anda mungkin alergi terhadap beberapa bahan kimia yang ada di produk pewarna rambut. Bahan kimia tersebut bisa menjadi alasan utama munculnya ketombe. Jika Anda ingin mewarnai rambut, pastikan Anda menggunakan produk pewarna rambut dari bahan alami.

6.  Pilihan perawatan alami di rumah
Cobalah beberapa perawatan alami berikut ini jika Anda mengalami masalah ketombe. Anda bisa memilih cara perawatan yang paling mudah Anda lakukan. Anda bahkan bisa merasakan manfaat dari perawatan ini hanya dengan sekali percobaan.

•  Biji fanugreek
Ambil segenggam biji fanugreek dan rendam semalaman didalam air. Giling biji fanugreek tersebut dengan campuran air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut ke kulit kepala Anda dan biarkan selama satu jam. Setelah itu cuci bersih rambut Anda. Ramuan ini tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan stress tetapi juga menghilangkan stress

•  Yoghurt
Aplikasikan yoghurt segar ke kulit kepala dan diamkan selama setengah jam kemudian cuci bersih rambut Anda. Anda bisa tambahkan perasan lemon untuk hasil yang lebih baik.

•  Lidah buaya
Belah daun lidah buaya dan ambil gel didalamnya. Tambahkan air perasan lemon dan aplikasikan ke rambut Anda. Diamkan selama 10 menit kemudian cuci bersih rambut Anda.

Sumber: magforwomen