6 Hal yang Harus Dihindari Saat Sedang Haid

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

201

Saat seorang anak perempuan mulai memasuki masa pubertas, maka biasanya para ibu akan mulai memberitahunya apa saja yang harus dihindari saat sedang menstruasi. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari saat sedang menstruasi.

Minum Teh

Mengkonsumsi teh saat sedang menstruasi dapat membuat volume darah menstruasi menjadi lebih banyak. Hal ini dikarenakan adanya tannin di dalam teh. Selain itu, mengkonsumsi teh ternyata juga dapat membuat menstruasi datang lebih cepat daripada biasanya. Jadi, bagi Anda yang sedang menstruasi, kurangilah jumlah teh yang Anda konsumsi.

Mengkonsumsi Minuman dan Makanan Dingin

Banyak orang percaya bahwa mengkonsumsi makanan dan minuman dingin dapat memicu terjadinya kram perut atau memperparah kram perut yang telah terjadi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghindari berbagai jenis makanan dan minuman dingin, termasuk barley dan teh chrysanthemum.

Mengkonsumsi Buah-buahan Tertentu

Selain makanan dan minuman dingin, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah-buahan tertentu seperti nanas dan semangka. Hal ini dikarenakan kedua jenis buah tersebut memiliki efek “dingin”, terutama nanas, yang akan membuat volume darah menstruasi Anda semakin banyak.

Keramas

Banyak orang tua percaya bahwa keramas pada saat sedang menstruasi, terutama pada hari pertama menstruasi dapat memicu terjadinya kram perut atau memperburuk kram perut yang telah terjadi.

Mandi Air Dingin

Seperti halnya mengkonsumsi makanan dan minuman dingin dapat memicu atau memperburuk kram perut, maka mandi air dingin juga dapat menimbulkan efek yang sama. Oleh karena itu, mandilah dengan air hangat saat sedang menstruasi.

Berolahraga

Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh berolahraga saat sedang menstruasi. Anda hanya perlu menghindari melakukan berbagai jenis olahraga berat. Hal ini dikarenakan melakukan olahraga berat atau posisi yoga tertentu dapat memicu terjadinya kram perut atau meningkatkan volume darah menstruasi.


Konsultasikan Sehatmu, Install Aplikasi Pakdok di Google Play Android Click Pakdok