6 Hal yang Paling Dibutuhkan Oleh Anak yang Sangat Sensitif

341

Bagi para orang tua yang memiliki anak yang sangat sensitif, perlu diketahui bahwa tidak ada yang salah dengan diri anak Anda. Anak Anda hanya membutuhkan perhatian yang lebih daripada anak-anak lainnya. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang paling dibutuhkan oleh anak-anak yang sangat sensitif dari diri Anda.

1.      Dicintai Apa Adanya
Karena memiliki perasaan yang lebih sensitif, jangan pernah beranggapan bahwa anak Anda seperti Anda dan bahwa apa yang cocok bagi Anda pasti cocok juga bagi anak Anda. Anak Anda tidak dapat mengendalikan kedalaman perasaannya sendiri. Jangan terus mendorong anak Anda untuk berubah dan cobalah untuk mencintai dirinya apa adanya. Bantu ia memahami bahwa ia memang seorang anak yang sensitif dan bahwa tidak ada yang salah dengan itu.

2.      Ikuti Insting Anda, Bukan Perkataan Para Ahli
Para ahli mungkin akan memberitahu Anda bahwa anak Anda membutuhkan terapi atau seorang psikiater atau bahkan obat-obatan karena diduga menderita suatu kelainan jiwa tertentu. Akan tetapi, seringkali para ahli juga salah mendiagnosa.
Daripada terlalu mempercayai perkataan para ahli yang hanya bertemu anak Anda dalam waktu singkat, ada baiknya bila Anda memperhatikan anak Anda dengan lebih baik dan ikuti insting Anda sebagai orang tua. Anda pasti tahu bila ada yang salah pada diri anak Anda karena Anda lebih sering bertemu dan berinteraksi dengannya dibandingkan dengan para ahli yang Anda temui.

3.      Diajari Batasan
Sebagai anak yang sangat sensitif, mereka biasanya cenderung lebih memperhatikan perasaan orang lain daripada perasaannya sendiri. Alhasil, mereka pun seringkali memaksakan diri untuk melakukan sesuatu lebih daripada yang seharusnya. Mereka butuh Anda untuk memberitahu mereka bahwa adalah sesuatu yang wajar dan oke untuk menempatkan diri mereka terlebih dahulu daripada orang lain dan bahwa menolak bukan berarti mereka adalah seseorang yang egois.

4.      Sekolah dan Aktivitas Lain
Jika anak Anda yang sangat sensitif berkata pada Anda bahwa ia tidak lagi ingin pergi ke sekolah atau aktivitas kelompok lainnya, cobalah untuk mencari tahu sebabnya. Selalu berpikir bahwa ada suatu hal lain yang tidak ia ceritakan pada Anda, mungkin ia mengalami hal yang sangat menyakitkan hingga membuatnya tidak lagi ingin pergi ke sekolah.

5.      Didengarkan
Kadangkala seorang anak tidak membutuhkan nasehat dari orang tuanya atau mendengarkan mengapa ia seharusnya tidak merasa demikian. Kadangkala, yang dibutuhkan oleh seorang anak adalah didengarkan oleh orang tuanya.

6.      Selalu Berada di Sampingku
Bagi seorang anak yang sangat sensitif, orang tua adalah penunjuk arah baginya. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu berada di samping anak Anda kapan pun ia membutuhkan Anda.

.

Sumber: huffingtonpost