6 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan Saat Menggosok Gigi

310

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa kebersihan gigi dan mulut yang kurang berhubungan dengan gangguan jantung dan berbagai gangguan kesehatan lain, termasuk disfungsi ereksi.

Dan walaupun Anda sudah menggosok gigi Anda secara teratur, ada kemungkinan Anda melakukan berbagai kesalahan. Di bawah ini Anda dapat melihat kesalahan apa saja yang mungkin terjadi saat Anda menggosok gigi dan bagaimana cara memperbaiknya.

 

Tidak Menggosok Gigi di Waktu yang Tepat

Anda seharusnya tidak lagi makan setelah menggosok gigi di malam hari sebelum tidur. Hal ini dikarenakan mengemil sebelum tidur dapat meningkatkan resiko gigi berlubang karena ada sisa makanan yang masih menempel pada gigi.

Kegiatan sikat gigi Anda di pagi hari juga sangat penting. Hal ini dikarenakan produksi air liur akan berkurang selama Anda tidur, yang akan membuat bakteri di dalam mulut dapat berkembang biak dengan lebih cepat. Oleh karena itu, sikatlah gigi Anda 2 kali sehari selama setidaknya 2 menit.

 

Menggunakan Sikat Gigi yang Salah

Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, yang dapat masuk ke dalam jaringan gusi dan melepaskan plak yang menempel di dalam gusi. Jika plak di bagian gusi ini tidak terangkat, maka Anda beresiko mengalami gangguan gusi.

Menggosok gigi dengan sikat gigi yang keras dan tenaga ekstra dapat menyebabkan terjadinya resesi gusi (gusi menurun) dan membuat lapisan gigi yang terekspos menjadi lebih banyak, bahkan hingga ke akar gigi. Dan karena bagian akar gigi tidak sekuat bagian gigi yang beremail, maka lapisan ini akan dengan mudah terkelupas dan menyebabkan terbentuknya lubang-lubang kecil pada gigi.

 

Baca juga: Ini Dia Dua Sumber Makanan yang Menjadi Penyebab Timbulnya Karang Gigi

 

Tidak Berkumur

Menelan atau membuang pasta gigi setelah menggosok gigi tidak akan mengeluarkan semua kotoran yang terdapat di dalam mulut paska menggosok gigi. Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda berkumur dengan menggunakan obat kumur bebas alkohol berbahan dasar hidrogen peroksida.

 

Mengikuti Teknik yang Salah

Untuk membersihkan plak pada permukaan gigi dengan efektif, Anda harus menggosok gigi dengan cara memutar, dengan sudut 30-45 derajat, bukan hanya dengan gerakan naik dan turun. Saat membersihkan bagian belakang gigi, arahkan sikat gigi Anda secara vertikal sehingga seluruh bagian gigi dapat dibersihkan.

 

Tidak Mengganti Sikat Gigi

Para dokter gigi di Amerika menganjurkan agar setiap orang mengganti sikat giginya setiap 3-4 bulan sekali. Bulu sikat yang sudah tidak sempurna tidak dapat membersihkan plak atau bakteri dengan efektif. Dan bila Anda baru sembuh dari sakit, pastikan Anda segera mengganti sikat gigi Anda. Hal ini dikarenakan sisa bakteri dan virus dari sakit yang Anda derita dapat menempel pada sikat gigi dan dapat kembali menginfeksi Anda.

 

Tidak Membersihkan Bagian Mulut yang Lain

Selain gigi, lidah merupakan bagian mulut yang penuh dengan bakteri. Selain itu, makanan atau kotoran juga dapat dengan mudah tersangkut pada permukaan lidah. Oleh karena itu, pastikan Anda juga selalu membersihkan permukaan lidah Anda.

 

.

 

Sumber: prevention