6 Makanan Sahabat Pencernaan Anda

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

121

Sistem pencernaan merupakan pintu masuk semua asupan nutrisi. Gangguan pada sistem pencernaan akan memberikan efek buruk bagi kesehatan serta menimbulkan beberapa gejala seperti sakit perut, mual, bersendawa, kembung, muntah, dan penurunan beberapa fungsi tubuh. Menjaga kesehatan sistem pencernaan selalu dimulai dengan memilih jenis asupan nutrisi yang baik. Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu tubuh dalam menggerakan usus secara mudah dan juga dalam membangun massa perut. Enam bahan makanan di bawah ini adalah pilihan yang baik untuk menjaga sistem pencernaan Anda.

  1. Jahe

Jahe mengandung antioksidan dan gengirol yang dapat membantu membersihkan lambung dari produksi asam berlebih dalam tubuh ketika kondisi seseorang sedang mengalami stress. Irisan jahe yang direndam dalam air hangat untuk diminum, akan membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar. Jahe memiliki sifat anti peradangan dan antibakteri yang dapat menyembuhkan gangguan usus, gangguan pencernaan, mual dan perut kembung.

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang kaya akan probiotik, Probiotik bakteri memiliki  peran penting dalam pencernaan. Sifatnya yang friendly bacteria (bakteri bersahabat) dalam usus membuat proses pencernaan berjalan lancar, karena yoghurt dapat memperbaiki dan menyempurnakan fungsi pencernaan.

  1. Buah Apel

Kandungan serat yang tinggi dapat mencegah sembelit dan mengurangi beberapa gejala seperti rasa nyeri atau terbakar di daerah ulu hati, dan rasa tidak nyaman pada perut. Selain itu, mengkonsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pada pencernaan yang terjadi pada usus.

  1. Buah Nanas

Buah nanas mengandung Enzim pencernaan khusus yang disebut bromelain yang membantu menguraikan protein kompleks dari makanan yang dikonsumsi, sehingga mudah dicerna dan menyerap nutrisi. Kandungan enzim memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam mengurangi sakit perut dan rasa tidak nyaman dalam perut.

  1. Buah Pepaya

Tingginya kandungan serat dan air dalam pepaya membuatnya sangat mudah untuk dicerna dan membantu penderita susah buang air besar sehingga pencernaan mereka akan menjadi lancar.

  1. Sayur Brokoli dan Bayam

Brokoli memiliki vitamin dan mineral yang tinggi sehingga mampu memperlancar pencernaan. Bayam sendiri memiliki kandungan magnesium yang bermanfaat untuk membantu kontraksi usus dan menghindari sembelit.(RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170719212819-262-229052/lima-makanan-untuk-melancarkan-sistem-pencernaan
  2. http://doktersehat.com/makanan-makanan-inilah-yang-bisa-membuat-buang-air-besar-lancar/
  3. http://gastrichealthtablet.org/jenis-makanan-untuk-memperlancar-pencernaan/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store