6 Makanan Sehat yang Justru Buat Berat Badan Anda Meningkat Drastis!

183

Bingung mengapa berat badan Anda tidak juga turun walaupun Anda sudah mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat rendah lemak dan rendah kalori? Hal ini mungkin dikarenakan Anda salah memilih makanan sehat yang sedang Anda konsumsi saat ini. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa makanan sehat yang justru akan membuat berat badan Anda meningkat.

 

Agave

Agave disebut-sebut sebagai salah satu pemanis alami terbaik, akan tetapi ternyata agave tidaklah sesehat yang disebutkan. Memang benar bahwa agave memiliki lebih sedikit glukosa dibandingkan dengan gula putih, yang membuat agave memiliki indeks glikemik yang rendah. Akan tetapi agave ternyata mengandung lebih banyak fruktosa daripada pemanis lainnya. Hal ini dapat menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi insulin sebanyak yang diperlukannya.

Para ahli menduga bahwa mengkonsumsi banyak fruktosa dapat meningkatkan resiko terkumpulnya lemak di daerah perut karena fruktosa akan lebih cepat diubah menjadi lemak di dalam tubuh dibandingkan dengan glukosa.

Jadi, bila Anda ingin mencari pemanis alami yang lebih sehat, dianjurkan agar Anda menggunakan madu saja.

 

Granola

Granola memang merupakan cemilan yang mengandung banyak gandum, buah, dan kacang yang dapat membantu menahan rasa lapar. Akan tetapi, para ahli menemukan bahwa granola biasanya terbuat dari oat yang diselimuti oleh air, minyak, dan pemanis (madu dan gula cokelat), yang membuatnya dapat menempel. Selain itu, buah kering yang terdapat di dalam granola juga mengandung banyak gula. Jadi, satu batang granola dapat mengandung lebih dari 500 kalori.

Jadi, bila Anda tetap ingin mengkonsumsi granola dan menurunkan berat badan, pastikan Anda membaca jumlah kalori di dalamnya dan makanlah sesuai dengan asupan kalori yang Anda perlukan.

 

Soda Diet

Mengganti minuman soda Anda dengan soda diet tampaknya tidak akan membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan¬† soda diet mengandung pemanis buatan yang akan “menipu” otak Anda bahwa mereka akan segera mendapatkan makanan bergula dan berkalori tinggi. Dan saat tidak ada gula dan kalori yang masuk, maka otak Anda pun akan tetap menginginkan makanan berkalori tinggi, yang akan membuat Anda ingin mengkonsumsi biskuit beberapa saat kemudian.

Daripada terus mengkonsumsi soda diet, ada baiknya bila Anda tetap mengkonsumsi minuman bersoda biasa, tetapi hanya sesekali.

 

Kue Beras

Kue beras merupakan makanan yang sering ditemukan pada Negara Korea. Walaupun terasa hambar, akan tetapi kue beras merupakan karbohidrat sederhana yang dapat menyebabkan kadar gula darah Anda meningkat tajam dalam waktu singkat dan turun kembali tidak lama kemudian. Hal ini akan membuat Anda kembali merasa lapar tidak lama kemudian, yang berarti Anda akan makan lebih banyak daripada seharusnya.

Karbohidrat sederhana merupakan makanan yang cocok dikonsumsi sebelum berolahraga karena makanan ini dapat menyediakan energi instan yang Anda perlukan saat berolahraga dan akan terbakar saat Anda berolahraga. Akan tetapi, bila Anda terus mengkonsumsi karbohidrat sederhana sepanjang hari tanpa “membakarnya”, maka berat badan Anda dipastikan akan segera meningkat.

 

 

 

Smoothie

Bila Anda hanya membuat smoothie dari buah-buahan, maka Anda pasti akan segera merasa lapar kembali tidak lama kemudian, karena tidak ada protein atau lemak sehat di dalamnya yang dapat membuat Anda tetap kenyang. Selain itu, buah juga mengandung cukup banyak gula dan kalori, yang tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, tambahkanlah greek yogurt dan sayuran ke dalam smoothie Anda sehingga Anda pun dapat merasa kenyang lebih lama. Alpukat juga merupakan pilihan yang baik karena mengandung lemak sehat.

 

Yogurt

Walaupun greek yogurt baik bagi kesehatan dan mengandung berbagai nutrisi penting yang Anda perlukan, akan tetapi tidak demikian bila yogurt yang Anda konsumsi mengandung banyak gula dan kalori. Oleh karena itu, pilihlah yogurt plain yang tidak mengandung gula atau buah apapun di dalamnya. Untuk menambahkan rasa ke dalamnya, Anda dapat menambahkan madu, buah segar, dan kacang.

 

.

 

Sumber: cheatsheet