6 Mitos yang Harus Anda Ketahui Tentang Diabetes

141

Diabetes adalah kondisi kesehatan dimana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah cukup untuk mengabsorpsi glukosa dari makanan yang dikonsumsi. Ada dua tipe diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 tidak dapat memproduksi insulin sama sekali dan diabetes tipe 2 terjadi ketika produksi insulin tidak mencukupi kebutuhan. Saat ini jumlah penderita diabetes semakin meningkat di seluruh dunia dan menjadi penyebab utama dari kematian. Jumlah orang yang meninggal karena disebabkan oleh diabetes lebih banyak dibandingkan angka kematian yang disebabkan HIV dan serangan jantung jika digabungkan. Walaupun sudah banyak orang menderita diabetes, masih banyak mitos yang beredar mengenai penyakit ini.

 

Berikut adalah beberapa mitos yang beredar mengenai diabetes:

1.  Diabetes bukanlah penyakit yang serius
Banyak orang salah karena percaya bahwa diabetes bukanlah penyakit yang serius. Hal ini menyebabkan orang-orang tersebut tidak peduli untuk mengontrol kadar gula darahnya. Kondisi diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kondisi serius seperti penyakit jantung dan bagian tubuh yang lainnya. Diabetes merupakan penyakit yang kronik yang membutuhkan pemeriksaan yang teratur.

2.  Diabetes dapat mengakhiri hidup Anda
Banyak orang yang terlalu takut jika berbicara mengenai diabetes dan berpikir jika diabetes dapat menyebabkan kematian. Dengan obat-obatan yang baik, alat pemeriksaan gula darah yang mudah digunakan, dan juga tersedia alat suntik insulin yang mudah digunakan jika memang diperlukan, dengan alat-alat tersebut diabetes akan dengan mudah dikendalikan.

3.  Berat badan berlebih menjadi penyebab utama diabetes
Hal ini tidak selalu benar. Walaupun obesitas dapat menyebabkan diabetes tetapi tidak semua orang obesitas menderita diabetes. Diabetes lebih bersifat diturunkan. Berat badan berkurang atau berlebih tidak menentukan apakah orang tersebut akan menderita diabetes atau tidak dikemudian hari, bahkan banyak orang kurus menderita diabetes.

4.  Diet yang tidak baik dapat menyebabkan diabetes
Diet tinggi gula memang dapat meningkatkan resiko terkena diabetes, tetapi jika Anda memang tidak memiliki faktor penyebab lain dari penyakit diabetes maka diet sendiri tidak dapat menyebabkan diabetes.

5.  Untuk semua penderita diabetes, jika Anda tidak memperbaiki kadar gula darah maka akan membutuhkan terapi insulin
Tidak semua penderita diabetes membutuhkan suntikan insulin. Perlu tidaknya insulin bergantung pada penyakit yang dederita. Diabetes tipe2 dapat dengan mudah dikontrol dengan obat-obatan, diet dan olahraga.

6.  Saat Anda menderita diabetes maka Anda tidak dapat melakukan olahraga
Hal ini sangat tidak benar. Sebaliknya saat Anda menderita diabetes Anda justru memerlukan banyak olahraga. Saat kadar gula darah dan insulin tidak seimbang, tubuh Anda akan lemah dan bisa menyebabkan pingsan dan hal ini sering membuat Anda berpikir bahwa Anda tidak dapat melakukan olahraga.

Sumber: magforwomen