6 Penyebab Rambut Anda Terasa Kering dan Kasar

244

Tahukah Anda bahwa rambut kering bukanlah salah satu jenis rambut? Rambut kering merupakan salah satu gangguan rambut yang perlu segera diobati. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan rambut Anda menjadi kering. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat membuat rambut Anda menjadi kering dan kasar.

 

Cuaca

Terlalu lama terpapar oleh sinar matahari, berenang, dan berbagai produk lain yang mengandung alkohol dapat membuat rambut menjadi kering.

 

Tindakan Smoothing

Terlalu sering melakukan smoothing dapat membuat rambut Anda menjadi sangat kering dan kasar karena terlalu banyak protein yang menumpuk pada rambut.

 

 

 

Perubahan Kadar Hormonal

Mengkonsumsi pil KB, sedang hamil, dan memasuki masa menopause dapat mempengaruhi keadaan rambut Anda, yang dapat membuat rambut Anda menjadi kering dan kasar. Memperbaiki kadar hormonal di dalam tubuh Anda biasanya dapat mengatasi keluhan.

 

Menggunakan Shampo yang Salah

Karena setiap shampo memiliki kandungan yang berbeda, maka pastikan Anda tidak menggunakan shampo pasangan Anda. Akan lebih baik bila Anda membersihkan rambut Anda dengan cara membilasnya dengan air bersih beberapa kali untuk mengangkat minyak pada kulit kepala Anda daripada menggunakan shampo yang tidak sesuai untuk Anda.

 

Menyisir Rambut Saat Basah

Ingatlah bahwa rambut sangat mudah rontok atau patah saat basah. Menyisir rambut memang tidak akan membuat rambut menjadi kering, akan tetapi akan membuat ujung rambut menjadi rapuh dan akhirnya rambut pun menjadi rontok. Bila Anda harus menyisir rambut Anda saat basah, oleskanlah sedikit conditioner yang tidak perlu dibilas pada sisir Anda.

 

Menata Rambut Setiap Hari

Mengeringkan rambut dengan hair dryer atau alat catok dapat membuat rambut menjadi kering. Bila memungkinkan jangan “memanaskan” rambut lebih dari 38 derajat celcius.

 

Sumber: womenshealthmag