6 TIPS AMPUH TURUNKAN BERAT BADAN

9

Memiliki berat badan yang ideal merupakan idaman dari setiap orang. Namun, banyak juga orang yang mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan. Sebenarnya, Anda tidak perlu menerapkan diet yang terlalu ketat atau berlebihan, karena nyatanya cara seperti itu kurang efektif. Ada cara ampuh dalam menurunkan berat badan yang lebih efektif, asalkan Anda mau berkomitmen dan disiplin dalam menjalaninya.

Berikut ini merupakan tips ampuh yang dapat Anda lakukan untuk turunkan berat badan, antara lain:

  • Minum air sebelum makan

Minum air sebelum makan dapat membantu Anda lebih cepat merasa kenyang, sehingga keinginan untuk makan dalam jumlah banyak dapat berkurang. Selain itu, rasa haus kadang muncul menyerupai rasa lapar. Jadi saat mulai merasa lapar, coba atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, agar jumlah kalori yang dikonsumsi akan berkurang.

  • Jangan lupakan sarapan

Sarapan termasuk bagian penting dalam proses penurunan berat badan. Dengan sarapan rutin, keinginan untuk mengonsumsi makanan atau camilan yang tidak sehat akan berkurang. Selain itu, sarapan juga akan membuat rasa lapar di siang hari berkurang. Sehingga, keinginan untuk makan dalam jumlah berlebihan pada jam makan siang akan berkurang.

  • Makan dalam porsi kecil dan secara perlahan

Makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat Anda terbiasa makan dengan porsi sedikit, sehingga jumlah asupan kalori juga akan berkurang. Makan dengan porsi kecil tapi sering, lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan dibandingkan makan dalam porsi besar sekaligus.

Makan secara perlahan dan santai juga dapat membantu menurunkan berat badan. Karena tubuh dapat mengirim sinyal kenyang ke otak sebelum Anda menghabiskan terlalu banyak makanan.

  • Konsumsi makanan sehat

Bagi Anda yang dalam proses penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein dan berserat. Protein membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Sumber protein yang sehat, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju. Selain itu, makanan berserat juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, namun rendah kandungan kalori. Contoh makanan berserat diantaranya sayur, buah, makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

  • Tidur cukup

Selain menjaga pola makan, pastikan waktu tidur Anda tercukupi dengan baik. Karena saat kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon yang merangsang peningkatan nafsu makan. Akibatnya, keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori dalam jumlah banyak akan ikut meningkat.

  • Olahraga

Olahraga rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet saja. Selain itu, dengan berolahraga juga akan membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas sepanjang hari.

Dengan mengikuti tips diatas, dapat membantu Anda menurunkan berat badan serta menjaga pola hidup sehat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter gizi mengenai rekomendasi program diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Ingat, jangan mudah tergoda oleh berbagai diet menurunkan berat badan dengan cepat, karena beresiko mengganggu kesehatan dan membuat berat badan mudah untuk naik kembali. (RD/STE)

Sumber:

  1. Mayo Clinic. Weight Loss: 6 Strategies for Success. 2016
  2. WebMD. Slideshow: Best Diet Tips Ever-22 Ways to Stay on Track. 2018