7 Cara Mencegah Timbulnya Suasana Hati yang Buruk

150

Suasana hati yang buruk atau lebih dikenal dengan istilah “bad mood” dapat terjadi pada siapa saja. Karena tidak ada seorang pun yang kebal terhadap rasa marah, tersinggung, sedih, dan berbagai perasaan negatif lainnya, maka mengetahui cara mencegahnya dapat sangat bermanfaat bagi anda.

1.  Bersyukurlah
Salah satu kunci agar tetap berpikiran positif adalah dengan mengucap syukur setiap hari dan setiap waktu akan apa yang telah anda miliki. Ingatkanlah diri anda kembali untuk mengucap syukur saat anda merasa marah atau sedih. Mengucap syukur untuk segala hal, bahkan hal kecil sekalipun dapat membantu mengubah cara berpikir anda. Mulailah dengan mengucap syukur atas apa yang anda miliki untuk mencegah pikiran negatif membuat suasana hati anda memburuk.

2.  Bersikap Optimis
Bila anda memiliki tabiat yang buruk, hal ini seringkali disebabkan oleh adanya rasa frustasi atau adanya rasa sakit hati atau rasa putus asa di dalam diri anda. Anda dapat merasa pesimis dan memiliki suasana hati yang buruk.
Oleh karena itu, membuat diri anda menjadi lebih optimis tentunya dapat membuat suasana hati anda lebih baik. Menjadi orang yang optimis juga dapat membantu mengurangi kebiasaan mengeluh tentang berbagai hal, karena mengeluh tidak dapat membantu mengubah tabiat maupun suasana hati anda menjadi lebih baik.

3.  Jangan Terlalu Memikirkan Segala Sesuatu
Saat anda terlalu banyak memikirkan sesuatu hal, maka hal ini dapat menimbulkan suatu emosi dan perasaan yang tidak ada sebelumnya. Hal ini dapat terjadi akibat imajinasi dan rasa frustasi anda sendiri. Jangan terlalu banyak memikirkan sesuatu hal, berusahalah semaksimal mungkin dan biarkanlah Tuhan bekerja.

4.  Menjadi Orang Baik
Satu hal yang sebaiknya anda lakukan setiap hari adalah berusaha untuk melakukan hal baik. Mengapa? Karena berbuat baik dapat membuat anda merasa lebih baik dan bahagia. Berbuat baik bukan berarti anda harus melakukan suatu hal yang luar biasa, dengan tersenyum atau menyapa atau membukakan pintu atau memperhatikan orang lain dapat membuat anda merasa lebih baik.

5.  Mengatasi Stress
Rasa stress seringkali membuat anda lebih mudah marah, mudah tersinggung, dan berbagai hal negatif lainnya. Oleh karena itu, akan lebih baik bila anda dapat menemukan suatu cara untuk menurunkan kadar stress anda dan mencegahnya berlanjut menjadi sesuatu yang lebih buruk.
Temukanlah berbagai hal yang dapat memicu rasa stress anda dan pelajarilah cara-cara mengatasinya. Akan tetapi, hal ini bukan berarti bahwa anda akan langsung berhasil mengatasi stress anda atau bahkan tidak pernah merasa stress kembali.

6.  Belajarlah Untuk Memaafkan dan Melupakan
Jika seseorang melakukan sesuatu yang membuat anda merasa sedih dan sakit hati, maka memaafkan dan melupakannya akan membuat anda merasa lebih baik, walaupun tidak mudah. Anda mungkin tidak dapat memaafkan semua hal, tetapi berusaha semaksimal mungkin akan lebih baik daripada tidak sama sekali. Rasa dendam, marah, kesal, dan benci hanya akan membuat suasana hati anda menjadi buruk dan bahkan membuat diri anda semakin dirugikan.

7.  Rawat Diri Anda Sendiri
Merawat diri anda sendiri, baik secara fisik maupun mental dapat membantu mengurangi timbulnya berbagai perasaan negatif. Berolahraga dapat memperbaiki suasana hati anda karena otak akan menghasilkan suatu zat kimia yang membuat anda merasa lebih bahagia. Jika suasana hati anda sedang buruk, cobalah untuk berjalan-jalan selama sekitar 10 menit. Hal ini dapat membuat anda merasa lebih tenang dan lebih baik.

Satu hal penting yang perlu diingat adalah karena tidak ada orang yang sempurna, maka kadangkala anda mungkin tidak dapat menahan emosi dan perasaan anda walaupun telah mencoba berbagai hal di atas. Berusahalah semaksimal mungkin.

 

Sumber: lifespan