7 Fakta Mengenai Lupus Yang Harus Anda Ketahui

162

Bulan Mei adalah bulan peduli Lupus dan berikut adalah beberapa hal mengenai lupus yang menarik untuk Anda ketahui. Mungkin Anda seorang pengidap lupus atau mungkin seseorang yang Anda kenal menderita lupus. Dengan mengetahui mengenai suatu penyakit akan membantu Anda memahami apa yang sedang terjadi pada penderita penyakit tersebut dan apa yang ia rasakan. Mengetahui mengenai penyakit juga dapat membantu Anda menghilangkan mitos yang yang beredar.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai lupus.
1.  Lupus merupakan jenis penyakit autoimun
Sistem imunitas Anda berfungsi sebagai sistem yang melindungi tubuh dari serangan benda asing. Inilah mengapa Anda bisa bersih atau mengeluarkan air mata ketika terpapar dengan debu. Tetapi pada penderita lupus, sistem imunitas tubuhnya menjadi hiperaktif dan mulai menyerang sel tubuh yang sehat sehingga membuat tubuh menderita lupus menjadi sakit.

2.  Ada beberapa jenis lupus
Tipe yang paling sering terjadi adalah  systemic lupus erythematosus, yang dapat menyerang berbagai bagian dari tubuh. Tipe lupus yang lain adalah Discoid lupus erythematosus, yang menyebabkan ruam di kulit tidak pernah menghilang. Tipe subacute cutaneous lupus erythematosus menyebabkan kulit yang terekspose sinar matahari terasa sakit. Lupus yang terinduksi obat-obatan merupakan bentuk dari alergi terhadap obat-obatan dan lupus neonatal adalah bentuk lupus yang menyerang bayi baru lahir.

3.  Lupus dapat menyebabkan kerusakan berbagai organ didalam tubuh
Sendi, kulit, ginjal, hati, paru-paru, pembuluh darah, dan otak adalah beberapa bagian dari tubuh yang mengalami kerusakan saat tubuh terserang lupus.

4.  Untuk mengatasi lupus diperlukan tim dokter
Untuk dapat mengatasi lupus diperlukan kerjasama tim dokter dari berbagai disiplin ilmu. Beberapa spesialisasi yang mungkin terlibat saat terjadi kasus lupus adalah kedokteran keluarga, dokter ahli imunologi, dokter ahli ginjal, dokter ahli hati, dokter kulit, dokter ahli rematik, dokter jantung, dokter ahli endokrin, psikolog dan perawat.

5.  Wanita penderita lupus dapat hamil dan melahirkan bayi dengan aman dan sehat
Sangat mungkin untuk wanita dengan lupus untuk hamil dan melahirkan dengan sehat. hanya saja ia harus berkonsultasi dengan dokter secara teratur selama masa kehamilannya untuk memastikan tidak ada komplikasi yang muncul.

6.  Tidak ada tes yang dapat mendiagnosis jika Anda terkena lupus
Diperlukan serial tes dan banyak sekali pemeriksaan fisik dan gejala-gejala yang dikumpulkan sebelum seorang dokter dapat menegakkan diagnosis lupus. Beberapa jenis tes yang harus dilakukan untuk melengkapi riwayat kesehatan misalnya tes seluruh tubuh, tes darahm biopsi kulit dan biopsi ginjal.

7.  Penyebab pasti dari lupus belum diketahui dengan pasti
Faktor genetik selama ini diduga memainkan peranan penting dalam menyebabkan lupus. Sampai saat ini para peneliti masih melakukan berbagai penelitian untuk mengetahui penyebab pasti dari lupus sehingga dapat didiagnosa dengan cepat dan dapat diobati sejak dini.

Sumber: magforwomen