7 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

209

Rambut rontok masih menjadi masalah rambut yang kerap dialami oleh pria maupun wanita. Anda wajib waspada apabila mengalami kerontokan rambut dengan jumlah lebih dari 100 helai per hari, karena hal ini dapat menyebabkan penipisan rambut bahkan kebotakan. Sebelum mengetahui penyebab dari rambut rontok, sebaiknya ketahui dulu siklus normal dari pertumbuhan rambut. Ada 3 siklus pertumbuhan rambut, yaitu :

  1. Fase pertumbuhan rambut

Fase ini adalah fase yang menentukan panjang dan pendeknya rambut anda, umumnya berlangsung sekitar 2-6 tahun

  1. Fase peralihan/transisi

Pada fase ini sel-sel rambut akan mengecil dan menipis. Fase ini terjadi selama 1-2 minggu.

  1. Fase Istirahat

Pada fase ini rambut tidak lagi mengalami pertumbuhan dan diakhir dari fase inilah rambut yang lama akan lepas digantikan dengan rambut yang baru. Rambut yang lepas adalah rambut yang sering kita sebut rambut rontok.

Jadi sebenarnya kerontokan rambut itu normal, asalkan jumlahnya tidak melebihi 50-100 helai per hari. Apabila kerontokan lebih dari 100 helai per hari berarti ada hal-hal yang menyebabkan hal itu terjadi, misalnya :

  1. Sering mencuci rambut dengan air panas

Air panas dapat menyebabkan dehidrasi dari batang rambut, akibatnya rambut akan jadi rapuh, mudah patah dan rontok. Selain itu air panas akan membilas minyak alami rambut sehingga kulit kepala menjadi mudah kering.

  1. Paparan berlebihan bahan kimia dan suhu panas

Bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut akan membuat rambut lebih rapuh dan mudah rontok, sedangkan suhu panas berlebihan dari alat-alat styling rambut seperti catokan ataupun hair dryer akan menyebabkan kerusakan protein batang rambut, sehingga rambut Anda akan mudah patah.

  1. Mengikat rambut terlalu kencang

Buat kalian yang suka menguncir rambut dan mengikatnya terlalu kencang, kebiasaan ini  akan menyebabkan stress dan tarikan berlebihan pada rambut, akhirnya membuat rambut mudah rontok. Sering melakukan hair extension juga bisa memberikan efek yang sama.

  1. Paparan berlebihan dari sinar UV

Sinar UV dapat merubah pigmen rambut Anda, akibatnya lama kelamaan rambut akan berubah warna menjadi lebih terang. Selain itu sinar UV juga diketahui dapat merusak protein yang menutrisi rambut.

  1. Jarang keramas dan menggunakan dry shampoo

Kebiasaan anda yang malas keramas dan malah menggunakan dry shampoo, akan membuat sel-sel kulit mati, kotoran, debu bahkan minyak dirambut tidak akan hilang dan tetap menempel dikulit kepala. Pada keadaan yang lebih parah bisa muncul ketombe sebagai salah satu tanda infeksi jamur. Hal inilah yang membuat rambut Anda rusak dan mudah rontok.

  1. Stress

Secara psikologis stress akan menyebabkan ketidakseimbangan dari hormon tertentu didalam tubuh. Gangguan kerja dari hormon ini nantinya akan mengganggu siklus pertumbuhan rambut Anda.

  1. Diet berlebihan

Ketika Anda diet berlebihan, nutrisi yang masuk ketubuh akan berkurang. Cadangan energy dan nutrisi yang tersimpan ditubuh digunakan untuk organ yang lebih penting seperti jantung dan otak, sebaliknya bagian tubuh lain seperti rambut ataupun kulit kepala akan kekurangan nutrisi.

Rambut rontok umumnya tidak memerlukan penanganan khusus. Rambut Anda akan tumbuh dan tebal kembali jika masalah utama kerontokan rambut sudah teratasi. Yuk jaga kesehatan rambut dan tubuh Anda mulai dari sekarang! (RH/CM)

Daftar Pustaka:

  1. Cole G W, MD. [Reviewed 2017]. Hair Loss in Men and Women (Alopecia). Available at, https://www.medicinenet.com/hair_loss/article.htm#hair_loss_facts
  2. Worth T. [Reviewed 2017]. Women and Hair Loss: Possible Causes. Available at, https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/women-hair-loss-causes#2

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store