7 OLAHRAGA TERBAIK UNTUK KESEHATAN MENTAL

71

Secara luas, olahraga selain bermanfaat bagi kesehatan, juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress, serta kecemasan. Studi menyebutkan bahwa berolahraga setidaknya tiga kali seminggu, mengurangi risiko depresi hingga 30 persen. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang diteliti memiliki efek positif pada kondisi psikologis:

  1. Berlari (atau berjalan)

Jika Anda membutuhkan motivasi untuk bergerak, maka berlari atau berjalan santai dapat Anda lakukan. Menurut penelitian, latihan di luar ruangan dapat bermanfaat dan memiliki efektivitas seperti antidepresan dalam pengobatan depresi ringan dan sedang. Selain itu, olahraga ini tentunya praktis dan hemat, karena bisa dilakukan dimanapun dan tidak memerlukan biaya.

  • Tinju

Memberikan pukulan kepada karung untuk melepaskan stres dan kemarahan adalah salah satu jalan keluar untuk agresi yang dapat memberdayakan dan menyembuhkan. Putaran tinju yang pendek dan tajam, diikuti dengan istirahat, menghasilkan sesi interval yang intens, yang melepaskan endorfin.

  • Pilates

Pilates seringkali diabaikan karena fokus tradisional pada pilates berfungsi untuk kesehatan punggung. Namun ternyata, mempelajari keterampilan pilates dan berfokus pada teknik, serta kondisi tubuh saat berada di kelas adalah kegiatan yang sangat penuh perhatian, dan sangat bagus untuk mengurangi stres sebagai relaksasi. Selain perasaan sehat dari bergerak dan memobilisasi tubuh anda, fokusnya pada pernapasan dan relaksasi dapat membantu untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatis tubuh, yang bertanggung jawab untuk tidur dan relaksasi.

  • Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang sudah banyak diteliti keterkaitannya dengan kesehatan mental. Alasan utama yoga membantu menciptakan kesehatan mental yang lebih baik adalah karena ia mengintegrasikan tubuh dan pikiran, meskipun yoga juga bekerja dengan baik ketika digabungkan dengan terapi bicara dan meditasi.

Gerakan-gerakan yoga yang terkesan santai, justru dapat membantu kondisi psikologis menjadi tenang dan relaks. Oleh karena itu, olahraga ini sangat cocok dijadikan sebagai latihan untuk memelihara kesehatan tubuh sekaligus mental.

  • Zumba

Zumba adalah olahraga senam yang belakangan kian populer. Gerakannya mengikuti alunan musik pengiring, sehingga terasa menyenangkan, sehingga berefek meningkatnya produksi hormon endorfin yang meningkatkan rasa bahagia.

  • Renang

Berenang dapat membuat pikiran tetap fokus dan membantu mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang dialami. Selain banyak menggerakkan anggota tubuh, berenang juga membantu menjaga jiwa tetap sehat. Alasannya, berenang membuat kita harus berinteraksi dengan orang lain yang juga kebetulan berenang di tempat yang sama. Jadi hati dan pikiran akan lebih bahagia dan tenang saat melakukan olahraga ini secara rutin.

  • Latihan ketahanan

Mengangkat beban atau latihan berat badan dapat memiliki dampak besar pada perasaan dan penampilan, membangun otot dan harga diri, serta mengendalikan kecemasan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa latihan ketahanan intensitas rendah-sedang menghasilkan penurunan kecemasan, tetapi ada juga bukti yang menunjukkan bahwa itu membantu meningkatkan kognisi dan dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, yang memiliki dampak besar pada tingkat mood dan kelelahan. (LM/PAY)

Referensi:

  • 6 best exercise classes for mental health. (2019). Retrieved 18 July 2019, from https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/mental-health/a28718/exercise-anxiety-depression/