7 Tanda Anda Perlu Segera Minum Air Putih!

#TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri

291

Setiap orang pasti mengetahui bahwa tidak ada orang yang dapat hidup tanpa air di dunia ini. Hal ini dikarenakan air merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh dan otak untuk dapat menjalankan fungsinya. Selain itu, air juga dapat membantu darah mengalir sebagaimana mestinya dan membuat Anda tetap bertenaga.
Kabar baiknya adalah sebagian besar orang dapat mengatasi dehidrasi ringan. Saat tubuh mengalami dehidrasi ringan, maka ia pun akan mengatur keseimbangan cairan di dalamnya melalui cara yang cukup kompleks seperti mengurangi produksi air kemih, meningkatkan penyerapan air di dalam usus, dan memicu timbulnya rasa haus; yang akan membuat seseorang kembali terrehidrasi.
Berbeda dengan sedikit kekurangan cairan, dehidrasi biasanya terjadi bersamaan dengan suatu penyakit misalnya demam, diare, dan muntah; di mana tubuh kehilangan cukup banyak cairan dan tidak segera digantikan. Dehidrasi juga dapat terjadi bila seseorang berolahraga atau berada pada cuaca panas di mana ia berkeringat secara berlebihan dan tidak mengkonsumsi cukup air putih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.
Kebutuhan cairan tubuh seseorang sebenarnya tergantung pada cuaca, makanan, dan kebiasaan olahraga seseorang. Terkadang Anda mungkin membutuhkan lebih banyak cairan daripada biasanya. Anda dapat memperoleh cairan dari berbagai jenis minuman dan makanan, tidak selalu harus berasal dari air putih. Susu, smoothies, jus buah, teh, kopi, minuman energi, tomat, timun, semangka, dan jeruk juga merupakan sumber cairan yang cukup baik.
Bingung apa saja tanda-tanda yang digunakan oleh tubuh Anda untuk memberitahu bahwa tubuh Anda sedang membutuhkan asupan cairan? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda harus segera minum.

1.      Merasa Haus
Mulut kering dan merasa haus merupakan tanda bahwa tubuh Anda membutuhkan lebih banyak cairan.

2.      Anda Mabuk Semalam
Untuk memproses alkohol, tubuh Anda pun membutuhkan air. Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol semalam, maka Anda pun membutuhkan air putih sebanyak minuman beralkohol yang Anda minum semalam atau mungkin lebih.

3.      Kepala Terasa Ringan
Jika Anda merasa pusing, maka Anda mungkin sedang mengalami dehidrasi. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah hentikan semua aktivitas Anda dan beristirahatlah. Setelah itu, konsumsilah air putih atau cairan lainnya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Minum seharusnya akan membuat Anda merasa lebih baik.

4.      Air Kemih Berwarna Gelap
Urin yang keruh atau berwarna gelap merupakan pertanda bahwa Anda sedang mengalami dehidrasi. Idealnya, air kemih Anda seharusnya berwarna kuning pucat. Jika air kemih Anda berwarna kuning keruh atau gelap, maka hal ini dapat merupakan pertanda bahwa Anda tidak mengkonsumsi cukup air putih. Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda segera mengkonsumsi 180 ml air putih dalam waktu 1 jam bila Anda menyadari bahwa air kemih Anda berwarna lebih gelap atau lebih keruh daripada biasanya.

5.      Merasa Lelah
Karena sebagian besar darah dan tubuh Anda terdiri dari cairan, maka jika Anda mengalami dehidrasi berat jantung Anda pun harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh Anda. Hasilnya adalah Anda akan merasa amat sangat lelah.

6.      Tidak Dapat Berkonsentrasi
Dehidrasi seringkali dapat mengganggu kemampuan Anda untuk fokus bekerja. Dengan mengkonsumsi cukup air putih, maka kemampuan konsentrasi Anda pun akan segera membaik. Selain itu, menurut 2 penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh the University of Connecticut Performance Laboratory, dehidrasi ringan sekalipun dapat mengubah mood dan energi Anda.

7.      Sembelit
Bila Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan baik, maka proses pencernaan makanan di dalam tubuh Anda pun akan berlangsung dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan air dapat membantu pergerakan sisa makan di dalam saluran pencernaan Anda. Jadi, bila Anda mengalami dehidrasi, maka tinja yang terbentuk di dalam saluran pencernaan Anda pun akan menjadi lebih keras, yang membuatnya lebih sulit dikeluarkan. Untuk mencegah terjadinya sembelit, dianjurkan agar Anda mengkonsumsi banyak serat dan cairan.


Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok