7 Tingkah Aneh Balita yang Normal

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

257

Terkadang sebagai orang tua kita dibuat terheran-heran saat menghadapi tingkah laku si kecil. Ada saja perilaku mereka yang kerap membuat kita merasa bersalah, tak nyaman atau sedikit banyak percaya bahwa kita satu-satunya orang tua di dunia yang kesulitan mengendalikan perilaku anak kita. Entah itu karena si kecil suka menangis, mengamuk, memukul, mengigit, kerap membantah, suka mengganggu anak lainnya atau terlalu lengket hingga hampir tak bisa dipisahkan dari sisi kita barang sedetik pun. Tak jarang pula para balita itu tiba-tiba bertingkah gemas dan lucu stanpa sebab.

Ternyata beberapa kebiasaan yang sering membuat orangtua geleng-geleng kepala tersebut merupakan kebiasaan normal bagi balita. Berikut beberapa kebiasaan balita yang kerap kali dianggap aneh namun ternyata 100 persen normal:

1.       Menggeleng atau mengangguk tanpa sebab

Jika anak anda tiba-tiba menggelengkan atau menganggukkan kepalanya tanpa sebab, orangtua tidak perlu panik. Sampai saat ini peneliti belum mampu mengungkap misteri tersebut. Apakah karena mereka sudah bisa melakukannya? Kepala pusing? atau hanya ingin melucu? Yang penting adalah jaga keselamatan kepalanya agar tidak terbentur.

2.       Tidak mengenal rasa takut

Balita kita sepertinya belum memahami apa itu bahaya, sehingga mereka kerap terlihat tak memiliki rasa takut akan sesuatu yang berpotensi membahayakan keselamatan mereka. Oleh karenanya, mereka harus selalu dibawah pengawasan orang tua.

3.       Pura-pura batuk dan menangis

Tiba-tiba batuk dan menangis ketika orang tua sedang sibuk memang sering dialami olah sebagian besar orang tua. Tak sedikit dari balita yang ternyata hanya berpura-pura batuk atau menangis. Tapi ingat, orang tua tidak boleh marah atau kesal. Balita anda melakukan hal itu karena hanya ingin diperhatikan oleh orang tuanya.

4.       Tiba-tiba menolak

Balita anda yang sangat menyukai pisang tiba-tiba menjerit ketika anda mencoba memberikannya? Tenang saja. Hal tersebut juga sering dialami oleh orang tua lain di seluruh dunia. Balita memang mempunyai minat dan keinginan yang berubah-ubah. Jika ia menyukai pisang namun tiba-tiba menolak ketika diberi, mungkin saja ia mempunya pengalaman buruk tentang pisang yang tidak anda ketahui.

5.       Telanjang

Beberapa anak memang sangat tidak suka ketika dipakaikan baju dan celana. Tak jarang mereka menangis dan menjerit ketika orang tua mencoba memaksa anak menggunakan pakaian. Namun psikolog mengatakan bahwa kebiasaan ini termasuk normal, mengingat mereka sedang dalam tahap mengenali dirinya. Tapi jangan lengah, Anda harus memastikan bahwa ia tetap harus memakai pakaian ketika keluar dari rumah.

6.       Bermain dengan alat kelamin

Setiap anak akan melewati fase eksplorasi alat kelamin karena rasa ingin tahu yang lebih besar. Jika orang tua melihat anaknya memainkan alat kelaminnya, anda tidak perlu panik. Yang harus anda lakukan adalah mengalihkan kegiatan tersebut secara tidak sadar dan menggantinya dengan aktivitas lain yang lebih menarik.

7.       Sulit berpisah dengan orang-orang terdekatnya

Dalam tiga tahun pertama kehidupan si kecil, ia akan lebih suka berada dekat dengan bunda atau ayahnya atau jikapun “terpaksa” harus berpisah, hanya untuk waktu yang singkat dan selalu memastikan keduanya terlihat. Kejadian semisal terpisah dari orang tua saat berada di taman bermain atau di keramaian atau saat terkunci di kamar mandi bisa mengakibatkan trauma yang serius dalam kehidupan kanak-kanaknya.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store