7 Tips Cepat Hamil Secara Alami

164

Banyak pasangan muda mengira bahwa mereka dapat dengan mudah hamil di saat yang mereka inginkan. Akan tetapi, hamil dan memiliki momongan ternyata tidak semudah yang mereka kira. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa tips untuk membantu meningkatkan kemungkinan Anda untuk segera hamil.

 

1.      Konsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Seng

Kekurangan seng akan membuat seorang pria memiliki kadar hormon testosteron yang lebih rendah dan membuat jumlah sperma lebih sedikit. Oleh karena itu, konsumsilah berbagai jenis makanan yang mengandung banyak seng seperti daging tanpa lemak, telur, makanan laut (seafood), dan gandum.

Selain itu, kalsium dan vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kesuburan seorang pria. Jadi, jangan lupa untuk juga mengkonsumsi susu.

 

2.      Minumlah Teh

Bagi wanita, dianjurkan untuk mengkonsumsi teh. Mengapa demikian? Berdasarkan pada sebuah penelitian di tahun 1998, wanita yang mengkonsumsi lebih dari setengah gelas teh setiap harinya memiliki kemungkinan 7 kali lipat lebih tinggi untuk hamil dalam waktu 3 bulan.

 

3.      Ubah Gaya Hidup dan Jaga Berat Badan

Hentikanlah konsumsi minuman beralkohol, merokok, dan obat-obatan tertentu (termasuk obat herbal). Selain itu, hindarilah juga berbagai jenis bahan kimia beracun yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis produk pembersih rumah tangga.

Batasilah konsumsi coklat, minuman berkafein, dan minuman bersoda. Jangan berolahraga secara berlebihan dan tingkatkan berat badan Anda bila Anda sangat kurus karena keduanya dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesuburan pada seorang wanita.

 

4.      Hindari Paparan Panas Secara Langsung

Produksi sperma dapat terhambat bila buah zakar terpapar secara langsung terhadap suhu panas. Oleh karena itu, dianjurkan agar para pria menggunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan tidak menggunakan celana panjang yang ketat. Hindarilah berendam di bak air panas, bersauna, dan bersepeda.

 

5.      Ketahui Kapan Kesempatan Anda

Terdapat beberapa fakta mengenai proses ovulasi dan masa subur pada wanita yang perlu Anda ketahui bila Anda sedang berusaha untuk memiliki momongan seperti:

  • Ovulasi biasanya terjadi dalam waktu 14 hari sebelum menstruasi dimulai, akan tetapi karena siklus menstruasi dapat bervariasi antara 24-30 hari, maka ovulasi dapat terjadi kapan saja antara hari ke 10 sampai hari ke 16
  • Sel telur hanya dapat hidup selama 12-24 jam, oleh karena itu bercinta setelah ovulasi terjadi berarti Anda telah terlambat
  • Sperma dapat hidup hingga 72 jam, oleh karena itu bercinta dalam waktu 3 hari sebelum ovulasi juga dapat menyebabkan terjadinya kehamilan

Jadi, Anda memiliki kesempatan pada 3 hari sebelum ovulasi paling awal (hari ke 10) dan 1 hari setelah ovulasi paling akhir (hari ke 16).

 

6.      Jangan Lupa Untuk Sering Bercinta

Dianjurkan agar Anda dan pasangan bercinta 1-2 hari sebelum dan setelah masa ovulasi atau kesempatan yang telah dibahas di atas. Karena kadar hormon testosteron dan jumlah sperma paling banyak ditemukan di pagi hari, maka berhubungan seks di pagi hari merupakan saat yang paling efektif.

Ternyata bukan hanya kapan Anda berhubungan seks, akan tetapi bagaimana cara Anda (posisi) berhubungan seks juga penting. Para ahli kesuburan mengatakan bahwa posisi misionari (pria di atas) memungkinkan terjadinya penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) terdalam yang membuat sperma dapat dikeluarkan sedekat mungkin dengan leher rahim. Selain itu, bila seorang wanita mengalami orgasme, maka kontraksi yang dialaminya akan membuat sperma lebih dekat ke leher rahim.

Hindarilah penggunaan pelumas buatan atau minyak buatan atau petroleum jelly, gliserin, dan bahkan air liur karena semuanya dapat membunuh sperma.

Satu hal yang perlu diingat adalah saat Anda sedang berusaha untuk memiliki momongan jangan lupakan romantisme dalam bercinta. Hal ini dikarenakan stress justru dapat mengganggu siklus ovulasi normal pada wanita, menurunkan gairah seksual, menurunkan kadar hormon testosteron pada pria, dan menurunkan jumlah sperma. Jadi, nikmatilah hubungan seks Anda bersama pasangan setiap kali Anda melakukannya.

 

7.      Berkonsultasilah Dengan Dokter Anda

Kunjungilah dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum proses pembuahan dimulai. Dokter Anda akan memeriksan riwayat kesehatan keluarga Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki keadaan kesehatan yang baik.

Setelah itu, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk berhenti mengkonsumsi pil KB selama setidaknya 3 bulan sebelum Anda mencoba untuk hamil. Dengan demikian, siklus menstruasi Anda pun akan kembali normal dan meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil.

Dokter juga mungkin akan menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi berbagai jenis vitamin sebelum Anda mencoba untuk hamil. Konsumsi vitamin ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan bayi Anda nantinya sehingga perkembangannya di dalam rahim tidak terganggu.

Walaupun mungkin, pembuahan biasanya tidak akan terjadi hanya dalam waktu semalam. Jadi, berapa lama Anda sebaiknya mencoba sebelum mulai mencari pertolongan medis?

Banyak ahli menganjurkan untuk menunggu selama sekitar 1 tahun setelah mencoba untuk hamil sebelum mulai mencari pertolongan medis. Akan tetapi, hal ini tergantung pada riwayat kesehatan, usia, dan temperamen Anda.

Setiap pasangan yang tidak juga berhasil hamil setelah mencoba selama 3-6 bulan padahal waktunya telah tepat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesuburan.

 

Sumber: pregnancyandbaby