8 Alasan Mengapa Cemburu Tidak Baik Bagi Anda…

253

Rasa cemburu merupakan gabungan dari berbagai emosi seperti marah, jijik, dan kebencian yang dapat dialami oleh semua orang pada usia berapa pun. Dan karena rasa cemburu ini sangat buruk bagi kesehatan mental dan fisik Anda, maka ada baiknya bila Anda melepaskan perasaan negatif tersebut. Di bawah ini Anda dapat melihat 8 dampak buruk dari rasa cemburu pada diri Anda secara keseluruhan.
1.      Dapat Menghambat Karir Anda
Adanya rasa cemburu atau iri hati di tempat kerja dapat sangat mempengaruhi kehidupan Anda dengan berbagai cara, mulai dari memberikan kesan yang buruk terhadap rekan-rekan kerja Anda di kantor hingga menghancurkan karir Anda. Apalagi bila rasa cemburu atau iri hati ini membuat Anda sulit bekerja sama dengan orang lain. Hal ini tentu akan sangat mengganggu perkembangan karir Anda di tempat kerja.

2.      Dapat Menghancurkan Hubungan Keluarga
Banyak keluarga menjadi hancur karena adanya rasa iri hati dan cemburu di antara anggotanya. Perasaan negatif ini akan membuat hubungan di antara anggota keluarga menjadi jauh dan akhirnya terputus. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menghindari timbulnya perasaan ini.

3.      Dapat Membuat Anda Merasa Sedih dan Putus Asa
Rasa cemburu dan iri hati hanya akan membuat Anda merasa kesepian dan sedih, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk berpikir dan menjadikan Anda seseorang yang pesimistis dalam hidup.

4.      Dapat Menghancurkan Kehidupan Sosial Anda
Tidak ada orang di dunia ini yang ingin berdekatan apalagi berteman dengan seseorang yang terus mengasihani dirinya sendiri dan membuat orang lain merasa tidak bahagia bersamanya. Hal ini tentu saja akan membuat hubungan Anda dengan sahabat dan orang lain menjadi tidak baik.

5.      Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental Anda Secara Keseluruhan
Seseorang yang terus menghabiskan waktunya untuk mengawasi kegagalan dan keberhasilan orang lain tidak akan pernah merasa bahagia. Memiliki rasa cemburu dan iri hati hanya akan membuat Anda menjadi seorang pemarah, selalu merasa kesepian, dan lemah setiap saat.
Selain itu, perasaan negatif ini juga berhubungan dengan terjadinya berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan jantung, obesitas, penuaan dini, dan kematian dini. Memiliki pikiran dan perasaan negatif juga dapat menignkatkan resiko terjadinya gangguan cemas dan depresi.

6.      Dapat Mengganggu Hubungan Asmara Anda Dengan Pasangan
Seperti halnya tidak ada orang di dunia ini yang senang berdekatan dengan seseorang yang selalu murung dan pesimis, demikian pula halnya dengan hubungan asmara. Tidak ada orang yang senang berkencan atau berpacaran dengan seseorang yang selalu terobsesi dan menjelek-jelekkan orang lain.
Seseorang yang demikian tidak akan pernah memperoleh rasa cinta atau hormat dari orang lain. Selain itu, terus mencurigai pasangan Anda berselingkuh juga akan membuat hubungan Anda dan pasangan semakin menjauh.

7.      Dapat Membuat Anda Menjadi Seorang Kriminal
Tahukah Anda apa langkah terakhir yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang selalu merasa cemburu dan iri hati pada orang lain? Membalas dendam! Hal ini dapat membuat Anda melakukan berbagai hal buruk, termasuk tindak kejahatan yang pada akhirnya akan menjadikan Anda seorang kriminal.

8.      Dapat Mempengaruhi Orang-orang yang Anda Cintai
Jika Anda merasa sedih dan tidak puas dengan kehidupan Anda, hal ini tentu saja akan membuat keluarga Anda merasa sedih. Mereka tentunya akan terus merasa cemas dan khawatir mengenai keadaan Anda dan merasa sedih saat melihat perilaku Anda terhadap orang lain.

.

Sumber: peepwatch