8 Bahan Alami Untuk Meningkatkan Energi dan Stamina

244

Memiliki stamina yang baik adalah penting bagi semua orang, mulai dari atlet hingga ibu rumah tangga. Stamina dibutuhkan untuk membantu Anda melakukan berbagai kegiatan Anda sehari-hati tanpa merasa sangat kelelahan.

Merasa lelah dan tidak berstamina setelah Anda melakukan suatu kegiatan fisik tertentu merupakan hal yang normal. Akan tetapi, bila kekurangan stamina ini berlangsung terus-menerus, maka dianjurkan agar Anda segera memeriksakan diri ke seorang dokter untuk mencari tahu apakah ada gangguan kesehatan lain yang menjadi penyebabnya.

Untuk membantu mengembalikan stamina Anda, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat Anda konsumsi dan lakukan.

 

Blackstrap Molases

Produk sampingan dari proses pengilangan tebu, blackstrap molasses, dapat digunakan untuk mengembalikan stamina Anda. Hal ini dikarenakan molasses ini mengandung banyak zat besi, mangan, kalium, dan tembaga yang dapat meningkatkan stamina Anda.

Caranya adalah tambahkan 1 sendok makan blackstrap molasses ke dalam segelas air hangat atau susu. Minumlah campuran ini 1-2 kali sehari untuk meningkatkan stamina.

 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat meningkatkan energi dan stamina Anda karena mengandung lemak sehat, terutama MCTs (medium-chain triglycerides) yang dapat dengan mudah dicerna dan digunakan sebagai sumber tenaga. Selain itu, minyak kelapa juga baik bagi kesehatan jantung serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Saat dikonsumsi dengan dosis sedang, minyak kelapa dapat membantu mengurangi lemak perut.

Caranya adalah konsumsilah 1-2 sendok makan minyak kelapa murni (extra virgin coconut oil) setiap harinya. Selain itu, Anda dapat menambahkannya ke dalam smoothies, kopi, atau kue Anda.

 

Cuka Apel

Cuka apel merupakan bahan makanan lain yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa lelah. Cuka apel dapat membantu mengalkalisasi tubuh untuk membuat Anda tetap bertenaga. Selain itu, cuka apel juga mengandung banyak elektrolit yang dapat meningkatkan stamina Anda.

Caranya adalah campurkan 1 sendok makan cuka apel mentah yang tidak difilter dan sedikit madu ke dalam segelas air putih. Minumlah campuran ini 2 kali sehari.

 

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Zat anti radang yang terdapat di dalam kunyit juga dapat membantu mengatasi rasa lelah dan mengembalikan energi Anda.

Kunyit juga dapat mempercepat masa penyembuhan dan meningkatkan stamina, bahkan dapat membantu mempercepat penyembuhan otot setelah digunakan secara berlebihan.

Caranya adalah minumlah segelas susu kunyit setiap harinya. Cara membuat susu kunyit adalah tambahnya 1/2-1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu panas (mendidih). Tutup dan biarkan mendidih selama 5 menit, kemudian matikan kompor dan tuang ke gelas. Anda dapat mendapatkan rasa manis dengan menambahkan sedikit madu.

Cara lainnya adalah tambahkan sari kunyit ke dalam jus buah segar Anda atau konsumsilah suplemen kunyit.

 

Teh Hijau

Mengkonsumsi segelas teh hijau dapat meningkatkan stamina dan energi Anda. Berbagai polifenol di dalam teh hijau dapat membantu mengatasi rasa lelah, mengurangi stress, dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Caranya adalah tambahkan 1 sendok teh daun teh hijau ke dalam 250 ml air panas. Tutup dan biarkan selama 5 menit, kemudian saring dan tambahkan madu. Minumlah teh ini 2-3 kali sehari. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen teh hijau.

 

Makanan Kaya Magnesium

Kekurangan magnesium, bahkan sedikit sekalipun dapat mempengaruhi stamina dan energi Anda. Hal ini dikarenakan magnesium memegang peranan penting dalam proses metabolisme glukosa menjadi energi.

Jadi, saat Anda merasa kekurangan tenaga, konsumsilah berbagai jenis makanan yang mengandung banyak magnesium seperti sayuran berdaun hijau, kacang, biji-bijian, ikan, kacang kedelai, alpukat, pisang, dan dark cokelat.

Asupan magnesium harian yang dianjurkan adalah 350 mg untuk pria dan 300 mg untuk wanita.

 

 

 

Olahraga Teratur

Mungkin terdengar tidak sesuai, akan tetapi berolahraga teratur, terutama berjalan kaki, merupakan cara yang baik untuk meningkatkan energi Anda. Berjalan kaki dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan menguatkan otot-otot jantung dan sekitarnya.

Selain itu, berolahraga juga dapat membantu melancarkan pencernaan, yang berarti akan membantu tubuh membuang berbagai racun di dalamnya. Berbagai hal ini sangat penting untuk meningkatkan stamina dan metabolisme tubuh.

Caranya adalah berjalan kaki di pagi hari. Selain itu, berenang, bersepeda, dan berlari juga merupakan olahraga yang baik untuk menjaga stamina.

 

Minum Cukup Air Putih

Karena sekitar 65-70% tubuh manusia terdiri dari air, maka kekurangan air tentu saja akan mempengaruhi energi dan stamina tubuh Anda. Dengan menjaga tubuh Anda tetap terehidrasi, maka Anda pun dapat mengurangi rasa lelah dan dapat meningkatkan energi. Air putih juga dapat membantu meningkatkan stamina dengan mengatasi kelelahan otot.

Caranya adalah minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Bila Anda tidak dapat mengkonsumsi air putih sebanyak itu, Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi jus buah segar buatan sendiri dan sup.

Selain itu, kurangilah konsumsi minuman beralkohol dan berkafein karena dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi.

 

Selain berbagai hal di atas, ada beberapa hal lain yang dapat membantu meningkatkan energi dan stamina Anda, seperti:

  • Tidur yang cukup setiap hari
  • Beristirahatlah sejenak setelah melakukan aktivitas fisik berat untuk mengembalikan energi
  • Hindari makanan “penghisap” energi seperti berbagai jenis makanan olahan, gula, dan kafein
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, protein, dan karbohidrat kompleks
  • Berpikirlah positif
  • Beryoga juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik
  • Meditasi
  • Hindari obat-obatan terlarang, minuman beralkohol, dan rokok

 

.

 

Sumber: top10homeremedies