8 Hal yang Tidak Anda Ketahui Mengenai Sperma

140

• Sperma Tinggal Lebih Lama Daripada Perkiraan Anda
Sperma biasanya akan tetap berada di dalam tubuh hingga 48 jam setelah berhubungan seks, akan tetapi pada beberapa keadaan, sperma dapat bertahan hingga 5-7 hari di dalam tubuh, tergantung dari bagaimana keadaan cairan serviks Anda.

Yang menarik adalah bahwa cairan serviks ternyata juga berfungsi untuk melindungi sperma dan membantu sperma dapat tinggal leibh lama di dalam tubuh hingga saatnya ovulasi, masa paling subur.

Sering Berhubungan Seks atau Masturbasi Tidak Akan Menurunkan Jumlah Sperma
Walaupun banyak ahli yang mengatakan bahwa terlalu sering ejakulasi dapat mengurangi jumlah sperma, akan tetapi seorang ahli endokrinologi di Amerika mengatakan bahwa terlalu banyak ejakulasi tidak akan terlalu mempengaruhi jumlah sperma seseorang.

Jumlah Sperma Memang Dipengaruhi Oleh Suhu Lingkungan
Ternyata jumlah sperma juga dipengaruhi oleh suhu lingkungan di sekitar Anda. Jumlah sperma biasanya akan mencapai jumlah terendahnya di musim panas dan mencapai jumlah tertinggi di musim dingin. Hal ini dikarenakan udara panas dapat mengurangi jumlah sperma.

Akan tetapi, bukan hanya udara yang dapat mempengaruhi jumlah sperma Anda, meletakkan laptop di atas paha dan berendam di dalam bak berisi air panas ternyata juga dapat menurunkan jumlah sperma, terutama bila suhu air mencapai 40 derajat Celcius.

Berkurangnya jumlah sperma ini dapat berlangsung selama beberapa bulan setelah paparan terhadap suhu yang sangat panas.

Nanas Tidak Mempengaruhi Rasa Cairan Mani
Memang benar cairan mani mengandung fruktosa, suatu jenis gula, yang membuat cairan mani terasa sedikit manis, akan tetapi sampai saat ini belum ada penelitian yang memeriksa ada tidaknya hubungan antara apa yang dikonsumsi seorang pria dengan rasa cairan maninya.

Jumlah Sperma Pembawa Jenis Kelamin Perempuan dan Laki-laki Sama
Di dalam sperma, terkandung suatu kromosom yang berguna untuk menentukan jenis kelamin, yaitu kromosom X dan kromosom Y dalam jumlah yang sama dan dengan kecepatan yang sama.

Alergi Terhadap Sperma Sangat Jarang Terjadi
Walaupun sangat jarang, beberapa orang wanita ternyata dapat mengalami suatu reaksi alergi terhadap sperma, yang membuat vagina menjadi meradang dan merah. Bila Anda atau pasangan Anda merupakan salah satu dari wanita tersebut, maka penggunaan kondom dapat membantu mencegah terjadinya iritasi.

Sperma Butuh Waktu Lama Untuk Mencapai Tempatnya
Dibutuhkan waktu sekitar dua setengah bulan bagi sperma untuk siap dan berada di tempatnya, menunggu untuk dikeluarkan. Sperma dibentuk di dalam buah zakar, kemudian akan bergerak menuju ke epididimis hingga matang. Setelah matang, sperma akan menuju ke vas deferens dan terus ke vesica seminalis, di mana sperma akan bercampur dengan cairan untuk membentuk cairan mani.

Kesehatan Seorang Pria Juga Mempengaruhi Keadaan Spermanya
Seorang ahli mengatakan bahwa sperma seorang pria yang berusia kurang dari 40 tahun biasanya lebih sehat daripada sperma yang berasal dari pria yang berusia lebih dari 40 tahun. Selain itu, sperma Anda juga akan lebih sehat bila Anda tidak merokok, tidak mengkonsumsi diet tinggi lemak, dan tidak terpapar dengan berbagai racun lingkungan lainnya.

Sumber: womenshealthmag