8 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Otak Anda

128

Otak Anda mungkin bukan organ yang pertama kali terlintas di pikiran Anda saat membicarakan nutrisi. Tetapi tidak dipungkiri nutrisi untuk otak sangatlah penting. Tanpa jumlah protein, karbohidrat, antioksidan dan asam lemak omega 3 yang mencukupi, Anda bisa mengalami penurunan daya ingat dan kemampuan kognitif.

Berikut adalah 8 jenis makanan yang akan memberikan nutrisi baik untuk otak Anda:

Terong
Terong mengandung antioksidan yang disebut anthocyanins yang terbukti mampu memperbaiki daya ingat. 200 mg terong mengandung 1.500mg anthocyanins yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Coklat
Coklat hitam dapat meningkatkan kemampuan dari otak dengan sangat cepat. Studi yang dipublikasikan di Physiology & Behavior in 2011 menunjukkan 30 orang yang mengkonsumsi coklat hitam yang mengandung flavonoid sebelum mereka melakukan tes visual dan kognitif. Seminggu kemudian mereka melakukan tes yang sama tetapi sebelumnya mereka mengkonsumsi coklat putih yang mengandung flavonoid lebih sedikit. Peneliti menemukan saat peserta mengkonsumsi coklat hitam ternyata mereka bisa melakukan tes dengan lebih baik dibandingkan saat mengkonsumsi coklat putih. Kandungan flavonoid didalam coklat hitam mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah di otak Anda.

Sayur-sayuran
Sayuran seperti brokoli, kembang kol dan kubis merupakan jenis sayuran yang mengandung sulfur tinggi yang akan membantu melindungi otak setiap harinya dari tekanan oksidatif. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin C yang sangat penting untuk kerja otak.

Buah berries
Orang dewasa yang mengkonsumsi jus bluebery secara teratur selama 12 minggu mampu melakukan tes daya ingat lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Buah yang berwarna terang seperti berries terbukti mampu meningkatkan kapasitas daya ingat dan juga menghambat terjadinya demensia, mengurangi terjadinya inflamasi dan kerusakan otak yang disebabkan oleh radikal bebas.

Gandum utuh
Gandum utuh mengandung protein dan serat dibandingkan gandum biasa. Gandum utuh bisa menjaga kadar gula darah, energi dan ketajaman mental tetap stabil. Gandum utuh juga terbukti dapat menghambat penurunan kognitif.

Ikan yang mengandung asam lemak
Dengan teratur mengkonsumsi salmon, sarden dan halibut yang mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengoptimalkan fungsi otak. Asam lemak pada ikan tersebut dapat merangsang pembentukan sel otak.

Kacang walnut
Kacang walnut sangat enak dan renyah dikonsumsi sebagai kudapan. Selain itu walnut dapat melindungi otak.

Teh hijau
Menikmati teh hijau tanpa ditambahkan pemanis ternyata mampu meningkatkan fungsi otak. Teh hijau mengandung antioksidan yang mampu mencegah kerusakan otak yang disebabkan radikal bebas.

Sumber: livestrong